PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO

Yoga, Rianaji (2016) PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
yoga guntur.pdf

Download (47MB) | Preview

Abstract

PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO Oleh : Yoga Rianaji 08504241027 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan teaching factory , serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan teaching factory di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah SMK N 2 Pengasih Kulon Progo. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, Koordinator teaching factory, guru pendamping dan siswa dalam kegiatan teaching factory. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan ialah metode dari Miles dan Huberman yang dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) pembentukan manajemen dilaksanakan untuk merencanakan sasaran, mengatur pekerjaan, serta kerjasama dengan industri (2) standar kompetensi yang digunakan merupakan yang dibutuhkan di industri (3) siswa yang dilibatkan adalah siswa yang menguasai kompetensi kejuruan, hasil seleksi guru dan memiliki minat (4) perlengkapan dan peralatan dapat digunakan untuk menjalankankan proses produksi/jasa (5) pengajar tidak hanya ditetapkan berdasarkan kriteria akademis saja, tetapi juga memiliki pengalaman di industri (6) proses pelaksanaan produksi/jasa dilakukan dengan prosedur yang jelas (7) proses pemasaran produk/jasa sudah dilaksanakan yaitu dengan promosi yang dapat ditemukan pada media cetak dan elektronik (8) evaluasi dilakukan oleh koordinator untuk melihat pencapaian siswa tetapi evaluasi keseluruhan belum pernah dilaksanakan (9) faktor yang mendukung adalah SDM yang berkompeten, sarana dan prasarana yang mendukung dan memiliki pangsa pasar yang jelas (10) faktor yang menghambat adalah jauhnya jarak sekolah dengan tempat pelaksanaan dan kesibukan guru pendamping. Kata kunci: Teaching factory, Faktor pendukung, Faktor penghambat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Jun 2016 02:15
Last Modified: 30 Jan 2019 09:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34070

Actions (login required)

View Item View Item