Pola Pendidikan pada Anak Autis di Sekolah Lanjutan Autis Fredofios Yogyakarta

Putri, Marizka Wening (2016) Pola Pendidikan pada Anak Autis di Sekolah Lanjutan Autis Fredofios Yogyakarta. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12413241007.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Setiap anak mempunyai keunikan tersendiri, ada yang terlahir dengan kondisi normal dan ada yang kurang normal salah satunya adalah anak autis. Keberadaan anak autis yang masih sulit untuk diterima masyarakat karena perilaku mereka yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pendidikan pada anak autis. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Lanjutan Autis Fredofios Yogyakarta. Alasan dipilihnya sekolah ini karena sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah khusus remaja yang menyandang autis. Sekolah ini merupakan sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat serta melatih kemandirian siswa. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam mengkaji dan mendeskripsikan pola pendidikan pada anak autis di Sekolah Lanjutan Autis Fredofios Yogyakarta. Informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih informan berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Validitas dan reliabilitas data pada penelitian ini diperkuat dengan triangulasi data. Proses analisis data menggunakan konsep analisis Miles dan Huberman yang melalui empat tahap penyusunan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku autis yang muncul pada tiap siswa Sekolah Lanjutan Autis Fredofios berbeda-beda satu sama lain. Perilaku autis yang muncul pada siswa bermacam-macam, ada anak yang sering memukul kepala, teriak-teriak, menyendiri, berbicara sendiri, menutup telinga, menangis tanpa sebab, lompat-lompat, dan sebagainya. Perilaku autis ini yang akan diminimalisir dan dikurangi oleh bantuan pihak sekolah. Lembaga sekolah akan membantu anak autis untuk mengembangkan potensi agar mereka dapat hidup berdampingan dengan lingkungan masyarakat. Program yang diberikan sekolah yaitu program TEACCH (Treatment and Education of Autistic and related Communication Handicapped Children).Prinsip sekolah Fredofios yaitu menerima kelainan anak autis dan lebih terfokus pada kelebihan dibandingkan dengan kelemahan anak. Kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak. Program yang diberikan oleh sekolah diharapkan dapat menjadikan remaja autis yang mandiri. Kata Kunci: anak autis, pola pendidikan, sekolah autis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 08 Jun 2016 01:18
Last Modified: 30 Jan 2019 09:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34053

Actions (login required)

View Item View Item