Kondisi Sosial Ekonomi Pedagang Pasar Prambanan Pasca Relokasi (Studi Kasus Pasar Prambanan di Dusun Pelemsari, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta)

Saraswati, Ria (2016) Kondisi Sosial Ekonomi Pedagang Pasar Prambanan Pasca Relokasi (Studi Kasus Pasar Prambanan di Dusun Pelemsari, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta). S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12413241011.swf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Pasar merupakan faktor utama yakni sebagai penggerak ekonomi masyarakat serta dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga sebagai pusat aktivitas sosial pelaku ekonomi pasar di dalamnya. Relokasi pasar Prambanan telah mengubah kondisi baik sosial dan ekonomi khususnya para pedagang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kondisi sosial dan ekonomi pedagang pasca relokasi di Dusun Pelemsari, Bokoharjo, Prambanan, Sleman yang dimana seluruh pedagang mengeluh terhadap kondisi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi dimana penelitian ini menggabungkan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan metode angket atau kuesioner sederhana. Teknik pengumpulan data kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik validitas data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan convergent parallel. Validitas kuantitatif diperoleh dari perhitungan statistik dalam mengolah data, sedangkan validitas kualitatif dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan pengujian prasyarat analisis dan pengujian hipotesis, sedangkan teknik analisis data kualitatif menggunakan model analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya relokasi telah merubah kondisi baik sosial maupun ekonomi para pedagang. Kondisi ekonomi pedagang mengalami penurunan dikarenakan semakin hari pasar menjadi sepi. Sepinya pembeli ini dikarenakan letak dan lokasi pasar yang kurang strategis yang tidak diimbangi dengan aksbilitas berupa sarana dan prasarana yang memadai terutama alat trasportasi untuk menjangkau pasar. Sedangkan kondisi sosial pedagang dapat dilihat dari interaksi para pelaku ekonomi terutama pedagang dan pembeli yang semakin berkurang. Selain itu kurang lengkapnya sarana dan prasarana pasar yang membuat para pedagang kurang leluasa dalam melakukan aktivitas dagang. Kondisi sosial lain dilihat dari keamanan dan kenyamanan pedagang yang dikarenakan banyaknya kasus pencurian dan penipuan yang akan berhimbas pada kenyamanan. Selain itu kerap terjadi konflik di dalam pasar terutama konflik pedagang dan pembeli mengenai tawar-menawar harga yang tidak sesuai dengan keinginan masing-masing. Kata kunci: Relokasi Pasar, Kondisi Sosial Ekonomi, Pedagang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 08 Jun 2016 01:15
Last Modified: 30 Jan 2019 09:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34052

Actions (login required)

View Item View Item