PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

PERWITASARI, ANGGAR ARI (2016) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11416244023.swf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perspektif guru IPS mengenai pendekatan saintifik; 2) peran sekolah dalam menerapkan pendekatan saintifik; dan 3) penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naturalistik. Informan penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, guru IPS dan siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru memiliki perspektif yang bervariasi mengenai pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dipandang sebagai pembelajaran yang mengaktifkan siswa agar dapat membangun pengetahuannya dengan langkah-langkah ilmiah yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan guru hanya sebagai fasilitator dan pendamping; 2) Peran sekolah dalam menerapkan pendekatan saintifik dengan menyediakan sarana dan prasarana, mengikutsertakan guru pada pendidikan dan pelatihan kurikulum 2013 dan mengadakan workshop untuk meningkatkan kualitas guru dalam pembelajaran; 3) Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS meliputi a) perencanaan pembelajaran meliputi silabus kurikulum 2013 dan penyusunan RPP menggunakan acuan silabus dan buku guru. b) Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan dengan mengkondisikan kondisi awal yang kondusif, apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan ditempuh dan menyampaikan teknik penilaian. Kegiatan inti menggunakan pendekatan saintifik meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar atau mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Kegiatan penutup yang dilakukan guru yaitu menyimpulkan kegiatan pembelajaran, refleksi, pemberian tugas, dan menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya. c) Penilaian hasil belajar guru menggunakan penilaian auntentik yang meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Kata kunci: Pendekatan Santifik, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 08 Jun 2016 01:08
Last Modified: 30 Jan 2019 09:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34048

Actions (login required)

View Item View Item