INTEGRASI NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

PRATIWI, TIAS RATNA (2016) INTEGRASI NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11416244032.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilakukan di SMP N 9 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran IPS di SMP N 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS, kepala sekolah, dan siswa. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan snowbal sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengintegrasian nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran IPS di SMP N 9 Yogyakarta telah dilakukan oleh para guru IPS. Integrasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran IPS di SMP N 9 Yogyakarta dapat ditunjukkan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan guru adalah dengan menyusun RPP dan mempersiapkan media. Pada pelaksanaannya, cara yang dilakukan guru adalah dengan menyisipkan pesan-pesan, melalui metode pembelajaran, melalu media pembelajaran, dan melalui tindakan. Evaluasi yang dilakukan guru hanya dengan mengamati dan tidak menggunakan instrumen tertentu. Nilai-nilai nasionalisme yang diintegrasikan guru IPS antara lain tanggungjawab, kepedulian, disiplin, toleransi, bangga dan cinta tanah air, kerjasama, adil, persatuan dan kesatuan. Kata kunci: Integrasi, Nilai-nilai nasionalisme, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 08 Jun 2016 01:06
Last Modified: 30 Jan 2019 09:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34047

Actions (login required)

View Item View Item