Pengembangan Kartu sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Klas VII SMP dengan Materi Proses Endogen dan Eksogen

Seto, Damar Aji (2016) Pengembangan Kartu sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Klas VII SMP dengan Materi Proses Endogen dan Eksogen. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi (11416241015).swf - Published Version

Download (9MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan Kartu sebagai Media Pembelajaran dengan Materi Proses Endogen dan Eksogen untuk mata pelajaran IPS SMP kelas VII; dan 2) mengetahui kelayakan Media Kartu berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPS dan tanggapan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) dan mengacu model pengembangan dari Sugiyono. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Berbah. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian validator serta lembar angket untuk uji pemakaian peserta didik dan guru IPS. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) mengembangkan Media Kartu dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: a) mengkaji Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD); b) merumuskan materi Proses Endogen dan Eksogen yang akan dibuat; c) merumuskan strategi dan cara pembuatan yang terdiri dari; menentukan poin materi, mencari gambar, membuat layout, mendesain menggunakan Corel Draw X4, mencetak menggunakan kertas ivory 310 gram, memotong lembaran kartu, memasukkan ke dalam wadah; d) menentukan poin materi; e) pemilihan gambar; f) membuat layout g) merancang dan menyelesaikan media, h) validasi dan revisi desain; i) uji pemakaian media oleh guru dan siswa; dan j) melakukan penyempurnaan produk; dan 2) kualitas Kartu dilihat dari validasi ahli materi memperoleh rerata skor sebesar 4,23 dengan kategori sangat baik; hasil validasi media oleh ahli media memperoleh rerata skor sebesar 4,09 dengan kategori baik; hasil penilaian guru mata pelajaran IPS rerata skor sebesar 4,44 dengan kategori sangat baik uji coba terbatas oleh 4 siswa memperoleh rerata skor sebesar 3,54 dengan kategori baik; serta uji penggunaan media oleh siswa memiliki rerata skor sebesar 3,94 dengan kategoro baik. Dari hasil rerata skor yang diperoleh terlihat bahwa Kartu dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS dengan kategori Baik. Kata kunci: Media Kartu, media pembelajaran, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 08 Jun 2016 01:03
Last Modified: 08 Jun 2016 01:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34046

Actions (login required)

View Item View Item