PERANAN DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU KUOTA KARTU MENUJU SEJAHTERA (KMS)

RISNANTO, SAPTA (2016) PERANAN DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU KUOTA KARTU MENUJU SEJAHTERA (KMS). S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11401241026.swf - Published Version

Download (803kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dalam penerimaan peserta didik baru kuota KMS di SMP Negeri 15 Yogyakarta dan hambatan Dinas Pendidikan Kota dalam melaksanakan penerimaan peserta didik baru kuota KMS di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Di samping itu, untuk mengetahui upaya yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru kuota KMS di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2015 sampai dengan Maret 2016. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Subjek penelitian ini mencakup Kepala Unit Pelayanan Teknis Jaminan Pendidikan Daerah, Kepala Tata Usaha Unit Pelayanan Teknis Jaminan Pendidikan Daerah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Negeri 15 Yogyakarta, Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat SMP Negeri 15 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik cross chek. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, peranan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dalam mengimplementasikan kebijakan penerimaan peserta didik baru kuota KMS di SMP Negeri 15 Yogyakarta telah dilaksanakan dengan baik, antara lain melalui komunikasi secara langsung dengan sasaran penerima kebijakan serta komitmen Dinas Pendidikan dalam membantu mefasilitasi warga masayarakat pemegang KMS dalam pengajuan bantuan Jaminan Pendidikan Daerah. Kedua, hambatan Dinas Pendidikan dalam kebijakan penerimaan peserta didik baru kuota KMS di SMP Negeri 15 Yogyakarta yaitu, kurangnya respon masyarakat pemegang KMS terhadap kebijakan Jaminan Pendidikan Daerah, serta penerima bantuan Jaminan Pendidikan Daerah kurang tepat sasaran. Ketiga, upaya Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta untuk mengatasi hambatan dalam penerimaan peserta didik baru kuota KMS di SMP Negeri 15 Yogyakarta adalah dengan cara melakukan menghimbau orangtua peserta didik KMS untuk lebih merespon terkait adanya sosialisasi Jaminan Pendidikan Daerah, serta melakukan evaluasi dengan dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi terkait sasaran penerima Kebijakan Jaminan Pendidikan Daerah. Kata kunci: Peran Dinas Pendidikan, KMS, PPDB

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 08 Jun 2016 00:54
Last Modified: 30 Jan 2019 09:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34042

Actions (login required)

View Item View Item