PENGEMBANGAN DIKTAT MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Riyanto, Riyanto (2016) PENGEMBANGAN DIKTAT MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Riyanto 08503242008.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN DIKTAT MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL Oleh Riyanto NIM. 08503242008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Bantul kelas X kompetensi kejuruan Menggunakan Perkakas Tangan yang prestasinya masih rendah. Penyelesaian masalah yaitu dengan mengembangkan diktat Menggunakan Perkakas Tangan sehingga dihasilkan produk diktat yang layak pakai. Dengan mendeskripsikan tahapan pengembangan diktat Menggunakan Perkakas Tangan dan hasil pengembangan diktat Menggunakan Perkakas Tangan dihasilkan produk diktat atau bahan pembelajaran yang layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Harapan kedepan yaitu meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Bantul kelas X. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 1 Bantul kelas X meliputi 10 siswa sebagai kelompok kecil dan 29 siswa sebagai kelompok besar. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan melalui tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap akhir. Tahap pendahuluan meliputi: (1) survei lapangan; (2) studi pustaka; (3) perencanaan. Tahap pengembangan meliputi: (1) menyusun draft atau produk awal; (2) validasi ahli materi dan ahli media; (3) tanggapan pengguna/siswa kelompok kecil; (4) Tahap akhir yang dilakukan adalah tanggapan pengguna/siswa kelompok besar. Model pengembangan yang digunakan, yaitu model pengembangan yang diadaptasi dari Borg dan Gall yang dikembangkan oleh Nana Syaodih Sukmadinata (2006: 190). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Adapun metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis data yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, disimpulkan bahwa hasil pengembangan diktat Menggunakan Perkakas Tangan berdasarkan validasi ahli materi nilai skor rata-rata yaitu 4,20 dengan kriteria “baik”, hasil validasi ahli media nilai skor rata-rata yaitu 4,20 dengan kriteria “baik”, hasil tanggapan pengguna/siswa kelompok kecil nilai skor rata-rata yaitu 4,16 dengan kriteria “baik” dan hasil tanggapan pengguna/siswa kelompok besar nilai skor rata-rata yaitu 4,24 dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, produk diktat Menggunakan Perkakas Tangan ini sudah layak untuk digunakan. Kata kunci : Pengembangan, Diktat Menggunakan Perkakas Tangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Jun 2016 07:42
Last Modified: 30 Jan 2019 09:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34038

Actions (login required)

View Item View Item