PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN SOFTWARE SIMULASI PROTEUS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO SMKN 2 DEPOK

Adiyasa, I Wayan (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN SOFTWARE SIMULASI PROTEUS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO SMKN 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
i wayan adiyasa.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan software simulasi Proteus dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika siswa kelas XI Teknik Audio Video SMKN 2 Depok tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD guna memecahkan masalah penurunan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI jurusan teknik audio video SMK Negeri 2 Depok yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan setiap akhir siklus dilakukan evaluasi hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes evaluasi belajar, dan dokumentasi. metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI jurusan teknik audio video SMK Negeri 2 Depok. hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan rata-rata indikator tiap pertemuan. Pada indikator keaktifan siswa, siklus I pertemuan pertama rata-rata persentase keaktifan belajar siswa sebesar 51,33% dan pertemuan kedua meningkat menjadi 55,33%. Siklus II pertemuan pertama rata-rata persentase 71,44% dan pertemuan kedua meningkat menjadi 78,00%. Rata-rata keaktifan belajar siswa per siklus meningkat dari 53,33% pada siklus I menjadi 74,72% pada siklus II. Pada indikator prestasi belajar siswa, nilai awal pra-siklus rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 23,33%, siklus I rata-rata ketuntasan belajar sebesar 53,33%, siklus II meningkat menjadi 83,33%. Kata Kunci: Student Team Achievement Division (STAD), keaktifan belajar, prestasi belajar, penerapan rangkaian elektronik, software simulasi proteus.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Jun 2016 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 09:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34032

Actions (login required)

View Item View Item