Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Praktik SMAW dengan Metode Intesifikasi Latihan Penyalaan Elektroda (ILPE)

Riswan, Riswan Dwi Jatmiko and Putut Hargiyarto, Putut Hargiyarto Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Praktik SMAW dengan Metode Intesifikasi Latihan Penyalaan Elektroda (ILPE). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Karakter pada Pendidikan Kejuruan, 1 (1). pp. 148-154. ISSN 2081-8383

[img] Text (Dokumen)
Peningkatan_Prestasi_Belajar_Mahasiswa_Mata_Kuliah_Praktik_SMAW_dengan_Metode_Intesifikasi_Latihan_Penyalaan_Elektroda.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Praktik SMAW sebelum diberi perlakuan metode ILPE; 2) mengetahui prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Praktik SMAW setelah diberi perlakuan metode ILPE; 3) mengetahui peningkatan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Praktik SMAW setelah diberi perlakuan metode ILPE; 4) mengetahui besarnya peningkatan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Praktik SMAW setelah diberi perlakuan metode ILPE; dan 4) mengetahui perbedaan peningkatan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Praktik SMAW antara mahasiswa yang diberi perlakuan dengan metode ILPE dengan yang tidak diberi perlakuan. Metode penelitian menggunakan quasi experiment. Penelitian jenis ini merupakan penelitian eksperimen dengan setting naturalistik, karena kondisi obyek yang demikian, pengambilan sampel digunakan teknik random assignment. Untuk mengatasi kelemahan validitas internal dan eksternal digunakan desain quasi experimental design dengan nonequivalent controll group design. Hasil penelitian menunjukkan 1) prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Praktik SMAW sebelum diberi perlakuan untuk kelompok eksperimen sebesar 66 dan untuk kelompok kontrol sebesar 65, setelah diberi perlakuan untuk kelompok eksperimen sebesar 82 dan untuk kelompok kontrol sebesar 75; 2) ada peningkatan secara signifkan prestasi belajar Praktik SMAW setelah diberi perlakuan ILPE; 3) peningkatan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Praktik SMAW sebesar 16%; 4) ada perbedaan peningkatan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Praktik SMAW antara yang diberi perlakuan ILPE dengan yang tidak sebesar 6%. KATA KUNCI: Praktik SMAW, metode ILPE

Item Type: Article
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 08 Aug 2012 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3403

Actions (login required)

View Item View Item