PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MESIN UNTUK OPERASI DASAR DENGAN BANTUAN MODUL DI SMK ISLAM YOGYAKARTA

RIVANDRA, REZANI (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MESIN UNTUK OPERASI DASAR DENGAN BANTUAN MODUL DI SMK ISLAM YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
RIVANDRA-REZANI-08503241005.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MESIN UNTUK OPERASI DASAR DENGAN BANTUAN MODUL DI SMK ISLAM YOGYAKARTA Oleh: RIVANDRA REZANI 08503241005 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui seberapa jauh peningkatan prestasi belajar siswa pada mata diklat menggunakan mesin untuk operasi dasar di SMK Islam Yogyakarta setelah menggunakan modul; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar antara kelas XI.1 dengan menggunakan modul dan kelas XI.2 yang tidak menggunakan modul pada mata diklat menggunakan mesin untuk operasi dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain nonrandomized control-group pretest-posttest design. Tempat penelitian dilakukan di SMK Islam Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan yang terdiri dari 2 (dua) kelas, yaitu kelas eksperimen (XI.1) dan kelas kontrol (XI.2). Perlakuan diberikan pada kelas eksperimen dengan memberikan pembelajaran dengan media modul menggunakan mesin untuk operasi dasar, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan media papan tulis. Hasil belajar kelompok tersebut berupa nilai yang diperoleh dari pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan untuk mendeskripsikan data yaitu dengan teknik analisis deskriptif yang meliputi: modus, median, mean, varians, dan standar deviasi. Kemudian dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji homogenitas dan uji normalitas. Kemudian untuk menguji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa digunakan statistik parametris dengan uji t-test untuk data yang berdistribusi normal, dan statistik non-parametris dengan tes kolmogorov-smirnov dua sampel untuk data yang tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang signifikan sebesar 21,80% pada mata diklat menggunakan mesin untuk operasi dasar di SMK Islam Yogyakarta setelah menggunakan modul; (2) terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas XI.1 dengan menggunakan modul dengan selisih nilai rata-rata sebesar 26,1 dan kelas XI.2 yang tidak menggunakan modul dengan selisih nilai rata-rata sebesar 15,62 pada mata diklat menggunakan mesin untuk operasi dasar. Kata kunci : modul, menggunakan mesin untuk operasi dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Jun 2016 06:48
Last Modified: 30 Jan 2019 09:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34021

Actions (login required)

View Item View Item