IDENTIFIKASI TINGKAT KESULITAN BELAJAR PEMBUATAN BLUS MENGGUNAKAN POLA DASAR BADAN SISTEM PRAKTIS DI SMK BHINNEKA KARYA 1 BOYOLALI

Ristania, Santoso (2016) IDENTIFIKASI TINGKAT KESULITAN BELAJAR PEMBUATAN BLUS MENGGUNAKAN POLA DASAR BADAN SISTEM PRAKTIS DI SMK BHINNEKA KARYA 1 BOYOLALI. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Ristania Santoso - 07513245007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

IDENTIFIKASI TINGKAT KESULITAN BELAJAR PEMBUATAN BLUS MENGGUNAKAN POLA DASAR BADAN SISTEM PRAKTIS DI SMK BHINNEKA KARYA 1 BOYOLALI Oleh : Ristania Santoso 07513245007 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat kesulitan belajar pembuatan blus ditinjau dari tahap persiapan, (2) mengetahui tingkat kesulitan belajar pembuatan blus ditinjau dari tahap proses, (3) mengetahui tingkat kesulitan belajar pembuatan blus ditinjau dari tahap penghitungan harga jual, (4) mengetahui kesulitan apa yang paling dominan dalam tahap pembuatan blus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan tata busana I dan II sebanyak 50 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Propotional Random Sampling sebanyak 44 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner model angket tertutup yang pengukurannya menggunakan skala Guttman. Validitas instrument menggunakan validitas konstrak (construct validity) berdasarkan pengalaman empiris dengan analisis product moment. Reabilitas instrument dilakukan secara internal consistency menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesulitan yang dihadapi siswa pada tahap persiapan pembuatan blus yaitu: pengambilan ukuran untuk pembuatan pola blus sebesar (11,4%)kategori rendah, pembuatan pola dasar skala 1:4 sebesar (22,7%) kategori rendah, pembuatan pola blus sesuai disain sebesar (4,5%)kategori rendah, Merancang bahan dan harga secara rinci dan global sebesar (6,8%) kategori rendah, Pembuatan pola dasar ukuran sebenarnya sebesar (18,2%) kategori rendah, Pembuatan pola blus sesuai disain dengan ukuran sebenarnya sebesar (63,6%) kategori tinggi. (2) kesulitan yang dihadapi siswa pada tahap proses pembuatan blus yaitu: Memeriksa pola sebesar (4,5%) kategori rendah, Menyiapkan tempat alat dan bahan untuk memotong dengan memperhatikan K3 sebesar (4,5%) kategori rendah, Memotong bahan dengan memperhatikan K3 sebesar (13,6%) kategori rendah, memberi tanda-tanda pola sebesar (27,3%) kategori rendah, Melakukan pengepresan dengan memperhatikan K3 sebesar (18,2%) kategori rendah, Menjahit bagian-bagian busana sesuai disain dengan memperhatikan K3 sebesar (25,0%) kategori rendah, penyelesaian busana wanita dengan jahitan tangan (9,1%) kategori rendah. (3) kesuliutan yang dihadapi siswa pada tahap penghitungan harga jual yaitu: Mengidentifikasi cara mengemas sebesar (4,5%) kategori rendah, penghitungan harga jual sebesar (22,7%) kategori rendah.(4) kesulitan yang paling dominan yaitu Pembuatan pola blus sesuai disain dengan ukuran sebenarnya sebesar (63,6%). Kata kunci: kesulitan, pembuatan blus Oleh : Ristania Santoso 07513245007 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat kesulitan belajar pembuatan blus ditinjau dari tahap persiapan, (2) mengetahui tingkat kesulitan belajar pembuatan blus ditinjau dari tahap proses, (3) mengetahui tingkat kesulitan belajar pembuatan blus ditinjau dari tahap penghitungan harga jual, (4) mengetahui kesulitan apa yang paling dominan dalam tahap pembuatan blus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan tata busana I dan II sebanyak 50 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Propotional Random Sampling sebanyak 44 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner model angket tertutup yang pengukurannya menggunakan skala Guttman. Validitas instrument menggunakan validitas konstrak (construct validity) berdasarkan pengalaman empiris dengan analisis product moment. Reabilitas instrument dilakukan secara internal consistency menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesulitan yang dihadapi siswa pada tahap persiapan pembuatan blus yaitu: pengambilan ukuran untuk pembuatan pola blus sebesar (11,4%)kategori rendah, pembuatan pola dasar skala 1:4 sebesar (22,7%) kategori rendah, pembuatan pola blus sesuai disain sebesar (4,5%)kategori rendah, Merancang bahan dan harga secara rinci dan global sebesar (6,8%) kategori rendah, Pembuatan pola dasar ukuran sebenarnya sebesar (18,2%) kategori rendah, Pembuatan pola blus sesuai disain dengan ukuran sebenarnya sebesar (63,6%) kategori tinggi. (2) kesulitan yang dihadapi siswa pada tahap proses pembuatan blus yaitu: Memeriksa pola sebesar (4,5%) kategori rendah, Menyiapkan tempat alat dan bahan untuk memotong dengan memperhatikan K3 sebesar (4,5%) kategori rendah, Memotong bahan dengan memperhatikan K3 sebesar (13,6%) kategori rendah, memberi tanda-tanda pola sebesar (27,3%) kategori rendah, Melakukan pengepresan dengan memperhatikan K3 sebesar (18,2%) kategori rendah, Menjahit bagian-bagian busana sesuai disain dengan memperhatikan K3 sebesar (25,0%) kategori rendah, penyelesaian busana wanita dengan jahitan tangan (9,1%) kategori rendah. (3) kesuliutan yang dihadapi siswa pada tahap penghitungan harga jual yaitu: Mengidentifikasi cara mengemas sebesar (4,5%) kategori rendah, penghitungan harga jual sebesar (22,7%) kategori rendah.(4) kesulitan yang paling dominan yaitu Pembuatan pola blus sesuai disain dengan ukuran sebenarnya sebesar (63,6%). Kata kunci: kesulitan, pembuatan blus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:09
Last Modified: 30 Jan 2019 09:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34017

Actions (login required)

View Item View Item