PENGGUNAAN BAHAN AJAR LECTORA DAN MODUL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) KELISTRIKAN MATA PELAJARAN DASAR INSTALASI LISTRIK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Riski, Putri Harsanti (2016) PENGGUNAAN BAHAN AJAR LECTORA DAN MODUL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) KELISTRIKAN MATA PELAJARAN DASAR INSTALASI LISTRIK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Riski Putri Harsanti 10501244035.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENGGUNAAN BAHAN AJAR LECTORA DAN MODUL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) KELISTRIKAN MATA PELAJARAN DASAR INSTALASI LISTRIK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh: Riski Putri Harsanti NIM. 10501244035 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penguasaan konsep setelah digunakan bahan ajar elektronik (Lectora) dan bahan ajar cetak (modul) dalam pembelajaran keselamatan dan kesehatan kerja (K3) kelistrikan mata pelajaran dasar instalasi listrik di SMK Negeri 3 Yogyakarta, (2) apakah bahan ajar cetak (modul) lebih baik dari bahan ajar elektronik (Lectora) dalam pembelajaran keselamatan dan kesehatan kerja (K3) kelistrikan mata pelajaran dasar instalasi listrik di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan desain quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2012/ 2013, ada 4 kelas paralel yaitu XTL1, XTL2, XTL3, dan XTL4. Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas XTL3 (kelas kontrol) dan XTL4 (kelas eksperimen) Program Keahlian Teknik Listrik SMK Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2012/ 2013. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik uji-T. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) ada perbedaan penguasaan konsep setelah digunakan bahan ajar elektronik (Lectora) dengan bahan ajar cetak (modul) dalam pembelajaran keselamatan dan kesehatan kerja (K3) kelistrikan mata pelajaran dasar instalasi listrik di SMK Negeri 3 Yogyakarta, (2) bahan ajar cetak (modul) lebih baik dari bahan ajar elektronik (Lectora) dalam pembelajaran keselamatan dan kesehatan kerja (K3) kelistrikan Mata Pelajaran Dasar Instalasi Listrik di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Kata-kata kunci: Lectora, modul, penguasaan konsep, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) kelistrikan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:00
Last Modified: 30 Jan 2019 09:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34013

Actions (login required)

View Item View Item