PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA DI SMK NEGERI 3 WONOSARI

Riskha, Kumara Wardhani (2016) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA DI SMK NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Riskha Kumara Wardhani 11511247022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) pengetahuan kewirausahaan siswa, (2) Self Efficacy siswa, (3) motivasi berwirausaha siswa, (4) pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha siswa, (5) pengaruh Self-Efficacy terhadap motivasi berwirausaha siswa, (6) pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan Self-Efficacy secara bersama-sama terhadap motivasi berwirausaha siswa. Jenis penelitian ex-post facto. Populasi sebesar 201 siswa. Teknik sampling non probability sampling dengan sampel 60 siswa. Waktu penelitian Agustus 2012-Januari 2013. Instrumen dengan tes dan angket. Uji coba insrumen sebesar 30 siswa. Validitas dengan expert judgement, uji empiris dengan korelasi product moment. Reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, uji persyaratan analisis dengan normalitas, linieritas, multikolinieritas. Uji hipotesis dengan regresi dan (R2) Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengetahuan kewirausahaan siswa dalam kategori tinggi sebesar 22 siswa (36,7%), kategori sedang sebesar 38 siswa (63,3%), (2) self efficacy siswa dalam kategori tinggi sebesar 55 siswa (91,7%), kategori sedang sebesar 5 siswa (8,3%), (3) motivasi berwirausaha siswa dalam kategori tinggi sebanyak 51 siswa (98,3%), kategori sedang sebesar 1 (1,7%), (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara (X1) terhadap (Y), koefisien regresi = 0,229, harga t (7,536 > 2,000), (R2) untuk (X1) sebesar 49,5% sisanya 50,5% dipengaruhi faktor lain tidak diteliti, (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara (X2) terhadap (Y), koefisien regresi = 0,981, harga t (0,981 > 2,000), (R2) untuk (X2) sebesar 58,3% sisanya 41,7% dipengaruhi faktor lain tidak diteliti, (6) (X1) dan (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap (Y) secara bersama-sama, memiliki harga F (61,870 > 3,14), (R2) sebesar 68,5 % sisanya 31,5 % dipengaruhi faktor lain tidak diteliti. Kata kunci : Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy, Motivasi Berwirausaha

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Jun 2016 07:22
Last Modified: 30 Jan 2019 09:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34009

Actions (login required)

View Item View Item