PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) PADA MATA PELAJARAN DASAR KEPARIWISATAAN KELAS X JB 3 DI SMKN 3 MAGELANG

Riska, Dian Pramesti (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) PADA MATA PELAJARAN DASAR KEPARIWISATAAN KELAS X JB 3 DI SMKN 3 MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Riska Dian P 10511244002.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) PADA MATA PELAJARAN DASAR KEPARIWISATAAN KELAS X JB 3 DI SMKN 3 MAGELANG Oleh: Riska Dian Pramesti NIM. 10511244002 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: 1) mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran peer teaching (tutor sebaya) kelas X Jasa Boga 3 di SMKN 3 magelang, 2) mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas XJB3 di SMKN 3 Magelang dengan penerapan metode pembelajaran peer teaching (tutor sebaya), 3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XJB3 di SMKN 3 Magelang dengan penerapan metode pembelajaran peer teaching (tutor sebaya). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Juli 2014 di SMK N 3 Magelang. Subyek penelitian adalah siswa kelas XJB3 SMKN 3 Magelang yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, catatan lapangan, lembar observasi, tes essay, dan dokumentasi. Uji kualitas instrumen yang dilakukan adalah validitas instrumen dengan menggunakan pendapat dari ahli (judgment experts). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah: 1) Pelaksanaan metode pembelajaran peer teaching (tutor sebaya) dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 7 siswa terpilih sebagai tutor, 2) Metode pembelajaran peer teaching (tutor sebaya) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil persentase skor keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 53,56% dan siklus II sebesar 79,03%, 3) Hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pada pre-test di siklus I sebesar 12,5% atau 4 dari 32 siswa menjadi 100% atau 31 dari 32 siswa pada post-test di siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar, Keaktifan, Peer Teaching (Tutor Sebaya)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Jun 2016 03:46
Last Modified: 30 Jan 2019 09:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34006

Actions (login required)

View Item View Item