PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK ADOBE PHOTOSHOP UNTUK KELAS X SMK

Riska, Dami Ristanto (2016) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK ADOBE PHOTOSHOP UNTUK KELAS X SMK. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Riska Dami Ristanto 09520244049.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK ADOBE PHOTOSHOP UNTUK KELAS X SMK Oleh: Riska Dami Ristanto NIM. 09520244049 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu modul elektronik pada materi Adobe Photoshop di SMK Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 dan untuk mengetahui kelayakan modul elektronik yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Secara garis besar tahap-tahap yang dilalui dalam mengembangkan modul elektronik yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi dan ujicoba. Objek penelitian adalah ahli materi, ahli media dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara angket, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif untuk memaparkan pengembangan modul elektronik, sedangkan kuantitatif adalah perhitungan instrumen angket, serta statistik deskriptif untuk menganalisis angket uji kelayakan ahli materi, ahli media dan respon siswa terhadap modul elektronik. Hasil penelitian pengembangan yaitu modul elektronik pada materi Adobe Photoshop untuk siswa kelas X SMK negeri 5 Yogyakarta. Hasil uji kelayakan ahli materi diperoleh skor rata-rata 128 dengan kriteria sangat layak. Hasil uji kelayakan ahli media diperoleh skor rata-rata 113,5 dengan kriteria sangat layak. Hasil respon siswa terhadap modul elektronik dalam ujicoba I diperoleh skor rata-rata 92 dan skor rata-rata 93,3 pada ujicoba II. Hasil test uji efektifitas penggunaan modul elektronik menunjukkan nilai rata-rata pre-test 56,09 dan nilai rata-rata post-test 68,43. Dari nilai hasil evaluasi penggunaan modul elektronik tersebut meningkat sebesar 12,43 sehingga terjadi perbedaan prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul elektronik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul elektronik pada materi Adobe Photoshop layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Modul elektronik, ujicoba, kelayakan, pre-test dan post-test.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Jun 2016 03:38
Last Modified: 30 Jan 2019 09:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34003

Actions (login required)

View Item View Item