PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MEDIA JOB SHEET UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBUATAN SAKU PASSEPOILE DENGAN KLEP DI SMK N 6 PURWOREJO

Risa, Dwi Lestari (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MEDIA JOB SHEET UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBUATAN SAKU PASSEPOILE DENGAN KLEP DI SMK N 6 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Risa Dwi Lestari - 08513245011.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran langsung dengan media job sheet pada pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoile dengan klep siswa kelas 2 Busana 1 di SMK N 6 Purworejo; 2) Mengetahui peningkatan pencapaian kompetensi pembuatan saku passepoile dengan klep melalui model pembelajaran langsung dengan media job sheet siswa kelas 2 Busana 1 di SMK N 6 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan di SMK N 6 Purworejo pada bulan Mei 2011, terdiri dari dua siklus, dengan tahapan (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas 2 Busana 1. Metode pengumpulan data menggunakan lembar penilaian sikap, lembar penilaian unjuk kerja dan tes pilihan ganda. Uji validitas berdasarkan judgment expert dengan ahli model pembelajaran, ahli media, ahli materi, dan guru mata pelajaran busana pria. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dipakai sudah layak untuk digunakan dan instrumen penilaian yang terdiri dari lembar penilaian sikap, lembar unjuk kerja dan tes pilihan ganda dinyatakan sudah valid. Uji reliabilitas tes sebesar 0,839. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran langsung dengan media job sheet dimulai dengan perencanaan, yaitu: 1) Mengidentifikasi masalah, 2) Menentukan materi yang akan diajarkan, 3) Merancang tindakan untuk meningkatkan hasil kompetensi pembuatan saku passepoile dengan klep, dan 4) Menyiapkan perangkat pembelajaran. Selanjutnya tahap tindakan dan observasi dilaksanakan sesuai rancangan tindakan, yaitu melaksanakan kegiatan belajar melalui model pembelajaran langsung dengan media job sheet dengan menyusun langkah-langkah pembelajaran dalam siklus-siklus, dan menyusun kriteria penilaian sebagai pedoman observasi dalam pembelajaran, sedangkan tahap refleksi, dilakukan pengamatan dan perbaikan model pembelajaran langsung dengan media job sheet pada siklus sebelumnya, sehingga model pembelajaran berbantuan media job sheet pada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa antusias mengikuti pembelajaran dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan media job sheet serta adanya peningkatan hasil kompetensi belajar siswa berdasarkan KKM, nilai rata-rata kelas setelah diberi tindakan siklus I sebesar 12.49% dari 68.87 (ketuntasan KKM

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Jun 2016 07:22
Last Modified: 30 Jan 2019 09:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34000

Actions (login required)

View Item View Item