PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN YOGYAKARTA DITINJAU DART PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CTL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Bibi imna, Zanu (2006) PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN YOGYAKARTA DITINJAU DART PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CTL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR. UNY.

[img]
Preview
Text
PRESTASI_BELAJAR_MATEMATIKA_SISWA_KELAS_IX_SMPN.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 6 Yogyakarta ditinjau dari pembelajaran dengan pendekatan CTL dan konvensional, perbedaan prestasi belajar matematika pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi ditinjau dari pembelajaran dengan pendekatan CTL dan Konvensional, perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah ditinjau dari pembelajaran dengan pendekatan CTL dan konvensional, serta terdapat tidaknya interaksi antara pendekatan dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 6 Yogyakarta. Penetitian dilaksanakan di SMP Negeri 0 Yogyakarta pada buian Juli sampai dengan Agustus 2006. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu melalui tes awal, angket, dan tes akhir. Data diotah melatui teknik analisis varians dua jalur. basil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika pada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL iebih baik daripada yang menggunakan pendekatan konvensional. Pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL lebih balk daripada yang menggunakan pendekatan konvensional. Sedangkan pada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL dapat dianggap sama dengan yang menggunakan pendekatan Konvensional, bahkan bila ditinjau dari rata-rata skor dapat dikatakan bahwa prestasi belajar matematika siswa pada pendekatan konvensional Iebih balk. Selain itu, dari hash' penelitian juga menunjukkan bahwa interaksi antara pendekatan dan kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa

Item Type: Other
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika
Date Deposited: 19 Jun 2012 07:38
Last Modified: 03 Jul 2012 00:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34

Actions (login required)

View Item View Item