LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP N 1 WONOSARI

Indah Annisa Diena, Indah Annisa Diena (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP N 1 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.PENGESAHAN.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.KATA PENGANTAR.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.DAFTAR ISI.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB 1-III.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RESUME.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL UNY bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik yang profesional dibidangnya melalui pengalaman mengajar langsung. Kegiatan PPL mahasiswa dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wonosari, Jl Kol Sugiono 35 B Wonosari Gunungkidul dimulai tanggal 10 Agustus 2015 dan diakhiri pada tanggal 12 September 2015. Program yang dilaksanakan dalam PPL ini meliputi pembuatan perangkat pembelajaran, persiapan materi ajar, praktik mengajar, inventarisasi buku perpustakaan, inventarisasi laboraturium IPA dan biologi. Pada saat melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa diberikan kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar di kelas VIII A, VIII B, dan VIII C dengan 5 jam pelajaran setiap minggunya. Dalam mengajar, mahasiswa bergantian dengan guru pembimbing sesuai dengan permintaan guru pembimbing. Kegiatan mengajar ini memberikan mahasiswa berupa pengalaman nyata untuk lebih mempersiapkan diri menjadi tenaga pendidik yang profesional. Mahasiswa lebih memahami bagaimana cara mengajar dengan pengelolaan kelas yang karakteristiknya berbeda, pengalaman membuat perangkat pembelajaran, pengalaman pelaksanaan evaluasi. serta pengalaman menjalin komunikasi dengan bapak/ ibu guru serta karyawan sekolah dengan praktek langsung. Dalam pelaksanaan PPL tentu ada berbagai kendala, akan tetapi hal tersebut masih bisa diatasi dengan baik. Perlu adanya pemaksimalan komunikasi antara mahasiswa PPL, LPPMP dengan sekolah agar keberlangsungan program PPL dapat terlaksana tanpa adanya miskomunikasi. Keberlangsungan pelaksanaan kegiatan PPL tidak lepas dari adanya kerjasama, baik dari LPPMP, DPL, mahasiswa, guru dan karyawan serta peserta didik SMP N 1 Wonosari.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program PPL, Komunikasi,
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33985

Actions (login required)

View Item View Item