PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEKNIK LISTRIK KELAS X SMK N 3 WONOSARI DENGAN METODE INQUIRY

Asngadi, Hangga Rachditya (2016) PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEKNIK LISTRIK KELAS X SMK N 3 WONOSARI DENGAN METODE INQUIRY. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
hangga ra.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEKNIK LISTRIK KELAS X SMK N 3 WONOSARI DENGAN METODE INQUIRY Oleh: Hangga Rachditya Asngadi 10501244024 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pencapaian kompetensi ranah kognitif antara siswa yang diajar menggunakan metode inquiry berbantu multimedia interaktif dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Pencapaian kompetensi siswa yang diajar menggunakan metode inquiry berbantu multimedia interaktif lebih baik daripada yang diajar menggunakan metode konvensional; (2) perbedaan pencapaian kompetensi ranah afektif antara siswa yang diajar menggunakan metode inquiry berbantu multimedia interaktif dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Pencapaian kompetensi siswa yang diajar menggunakan metode inquiry berbantu multimedia interaktif lebih baik daripada yang diajar menggunakan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest kontrol grup. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X EI-1 dan EI-2 SMK N 3 Wonosari. Setiap kelas terdiri dari 31 siswa. Tenik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas X EI-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X EI-2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data untuk variabel kompetensi ranah kognitf menggunakan tes, sedangkan untuk variabel kompetensi ranah afektif siswa menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pencapaian kompetensi ranah kognitif antara siswa yang diajar menggunakan metode inquiry berbantu multimedia interaktif dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Pencapaian kompetensi siswa yang diajar menggunakan metode inquiry berbantu multimedia interaktif lebih baik daripada yang diajar menggunakan metode konvensional pada pembelajaran teknik listrik di SMK N 3 Wonosari (thitung > ttabel = 3,058 > 2,000 pada taraf signifikansi 5%); (2) terdapat perbedaan pencapaian kompetensi ranah afektif antara siswa yang diajar menggunakan metode inquiry berbantu multimedia interaktif dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Pencapaian kompetensi siswa yang diajar menggunakan metode inquiry berbantu multimedia interaktif lebih baik daripada yang diajar menggunakan metode konvensional pada pembelajaran teknik listrik di SMK N 3 Wonosari (thitung > ttabel = 3,882 > 2,000 pada taraf signifikansi 5%). Kata Kunci : kuasi eksperimen, kompetensi, metode inquiry, teknik listrik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 09:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33973

Actions (login required)

View Item View Item