PENGEMBANGAN MEDIA WORKSHEET BERBASIS PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI FLUIDA STATIS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Handayani1), Iis (2016) PENGEMBANGAN MEDIA WORKSHEET BERBASIS PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI FLUIDA STATIS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle yang layak untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika pada materi Fluida Statis; (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle; dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif setelah menggunakan media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan rancangan awal (draft) media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle dan instrumen penelitian. Tahap develop dihasilkan media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle yang layak serta dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif. Kelayakan media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle dilihat dari skor validitas CVI hasil validasi oleh validator, tingkat persetujuan asesor (PA) dan nilai ICC. Peningkatan motivasi belajar dilihat dari nilai standard Gain pada angket respon peserta didik, sedangkan peningkatan hasil belajar dilihat berdasarkan nilai standard Gain pada lembar pretest dan posttest. Tahap disseminate dilakukan untuk menyebarluaskan produk berupa media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle yang dilakukan di SMA Negeri 1 Jetis, SMA Negeri 1 Prambanan, dan SMA Negeri 1 Tempel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media Worksheet Berbasis Permainan Puzzle layak digunakan dalam pembelajaran fisika ditinjau berdasarkan hasil analisis validitas menggunakan CVI memperoleh nilai 0,956 (sangat baik), tingkat persetujuan asesor (PA) lebih dari 75%, dan nilai ICC untuk Worksheet 1, 2, 3, dan 4 Berbasis Permainan Puzzle berturut-turut adalah sebesar 0,987 (istimewa), 0,981 (istimewa), 0,984 (istimewa), dan 0,983 (istimewa); (2) peningkatan motivasi belajar sebesar 0,83 dengan klasifikasi tinggi; dan (3) peningkatan hasil belajar sebesar 0,73 dengan klasifikasi tinggi. Kata-kata Kunci: worksheet, puzzle, motivasi belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:14
Last Modified: 01 Feb 2019 02:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33971

Actions (login required)

View Item View Item