LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PELATIHAN LAPANGAN SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI

Hidayat Nur Wibawa, Hidayat Nur Wibawa (2015) LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PELATIHAN LAPANGAN SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP IND PPL_HIDAYAT NUR WIBAWA_FIK.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktik pengalaman lapangan merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus dan berusaha mengembangkan inovasi pembelajaran mahasiswa di lokasi PPL. Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya untuk melatih para mahasiswa calon guru sehingga bisa menjadi guru yang profesional di bidangnya. Kegiatan praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMK Muhammadiyah Wonosari meliputi kegiatan praktik p em b el aj aran di kelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2015. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas bert uju an agar mah asis wa praktikan memperoleh pengalaman mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mengajar mata pelajaran PJOK kelas X dan XI Tahun pelajaran 2015/2016. Sementara kegiatan praktik persekolahan bertujuan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar pembelajaran formal. Kegiatan ini meliputi piket m e n j a g a r u a n g p i k e t . Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 4 kali pertemuan selama 26 hari, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMK Muhammadiyah Wonosari rata-rata mempunyai rasa ingin tahu yang besar terhadap berbagai hal yang mendukung dalam pembelajaran. Siswa juga bisa berperan aktif dalam setiap pembelajaran, seperti mampu mengutarakan pendapatnya sendiri terkait dengan pembelajaran, bisa berdiskusi dengan baik, dan lain sebagainya. Dalam rangka mewujudkan output yang baik dari segi IQ, EQ, dan SQ, pihak sekolah menjalankan peranannya sebagai lembaga pendidikan secara professional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal, s a l i n g m e n g h a r g a i , melengkapi sarana dan prasarana dan tertib administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33970

Actions (login required)

View Item View Item