PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN PROBLEM SOLVING SKILL SISWA BERBASIS NATURE OF PHYSICS

Santosa, Hayang Sugeng (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN PROBLEM SOLVING SKILL SISWA BERBASIS NATURE OF PHYSICS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
Bab V.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk mengoptimalkan penguasaan problem solving skill siswa berbasis Nature of Physics yang layak, dan (2) mengetahui peningkatan problem solving skill peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran dengan perangkat pembelajaran fisika bermodel Problem Based Learning berbasis Nature of Physics. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4- D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan rancangan awal perangkat pembelajaran. Tahap develop dilakukan untuk menghasilkan RPP, LKPD, dan instrumen penilaian dengan model PBL berbasis nature of physics yang sudah divalidasi oleh validator ahli dan praktisi serta diujicobakan dalam proses pembelajaran. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran perangkat pembelajaran dalam skala yang luas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perangkat pembelajaran model PBL berbasis nature of physics layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi kinematika gerak lurus dan memperoleh penilaian dalam kategori sangat baik dan instrumen pengumpulan data memiliki reliabilitas dalam kategori istimewa, (2) Problem Solving Skill peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan perangkat model PBL berbasis nature of physics meningkat dengan kategori tinggi. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Nature of Physics, Problem Solving Skill

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:11
Last Modified: 01 Feb 2019 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33969

Actions (login required)

View Item View Item