PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMUNIKATIF DAN INOVATIF UNTUK PEMBELAJARAN GERBANG DASAR DIGITAL KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Cahyo, Danang Nur (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMUNIKATIF DAN INOVATIF UNTUK PEMBELAJARAN GERBANG DASAR DIGITAL KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Danang Nur Cahyo - 11501241017.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMUNIKATIF DAN INOVATIF UNTUK PEMBELAJARAN GERBANG DASAR DIGITAL KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh: Danang Nur Cahyo NIM. 11501241017 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan model media pembelajaran interaktif gerbang dasar digital yang tepat untuk mata pelajaran teknik elektronika dasar, (2) mengetahui fungsionalitas media pembelajaran interaktif gerbang dasar digital, (3) mengetahui tingkat kelayakan produk media pembelajaran interaktif gerbang dasar digital. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (analysis, design, development & implementation, and evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan penilaian oleh ahli media dan ahli materi. Pada tahap evaluasi produk dilakukan penilaian oleh siswa sebagai pengguna. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan dengan subyek penelitian yang melibatkan 15 siswa dari program keahlian Teknik Elektronika Industri. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) model media pembelajaran interaktif gerbang dasar digital yang tepat untuk mata pelajaran teknik elektronika dasar meliputi unsur materi pokok bahasan gerbang dasar digital, latihan soal evaluasi, objek multimedia yang mendukung penyajian materi, penyajian simulasi drag and drop, tata letak (layout) yang konsisten, tampilan visual yang menarik, komposisi warna yang serasi, dan kemudahan pengoperasian program, (2) uji fungsionalitas media pembelajaran interaktif gerbang dasar digital meliputi penyajian materi, kemudahan navigasi, link, dan animasi, (3) penilaian kelayakan oleh ahli materi memperoleh prosentase sebesar 82,81% termasuk dalam kategori sangat layak, penilaian kelayakan oleh ahli media memperoleh prosentase sebesar 76,31% termasuk dalam kategori layak, penilaian terhadap pengguna guru memperoleh prosentase sebesar 82,89% termasuk dalam kategori sangat layak, sedangkan penilaian terhadap siswa memperoleh prosentase sebesar 89,27% termasuk dalam kategori sangat baik. Kata kunci: gerbang dasar digital, media pembelajaran interaktif komunikatif dan inovatif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Jun 2016 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 09:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33962

Actions (login required)

View Item View Item