Peran Kultur Sekolah dan Profesionalisme Guru IPS Untuk Mengembangkan Soft skill Siswa di SMPN I Galur Kulon Progo

Saputra, Bambang Eka (2012) Peran Kultur Sekolah dan Profesionalisme Guru IPS Untuk Mengembangkan Soft skill Siswa di SMPN I Galur Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bambang-eka-saputra-10705251014.swf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran kultur sekolah dan profesionalisme guru IPS untuk mengembangkan Soft skill siswa dalam belajar IPS di SMPN I Galur Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Guru IPS di SMPN I Galur Kulon Progo. Objek penelitian ini adalah kultur sekolah, profesionalisme guru dan soft skill siswa di SMPN I Galur Kulon Progo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, FGD, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dianalisis dengan mereduksi, mengklasifikasikan, menginterpretasikan dan memverifikasi data yang diproleh dari lapangan. Adapun tenik keabasahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kultur sekolah yang mencakup nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, slogan-slogan atau moto, kebiasaan-kebiasaan, dan upacara-upacara di SMPN I Galur Kulon Progo dapat dilaksanakan dengan baik oleh warga sekolah. Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru-guru, dan Pegawai ikut mengembangkan kultur sekolah secara terus menerus sehingga dapat mempengaruhi soft skill seluruh siswa di SMPN I Galur Kulon Progo. Siswa yang mempunyai Soft skill baik biasanya kelihatan dari budi pekertinya. Siswa yang mempunyai Soft skill baik mampu mengontrol emosi dan pikirannya, itu tergambar dalam budi bahasanya, dalam caranya berkomunikasi, perilakunya terkontrol, dan perbuatan atau berintegritas tinggi, tenggang rasa dan toleransi tinggi. Profesionalisme guru IPS di dalam pembelajarannya dapat memberikan peran yang positif dalam mengembangkan soft skill siswa melalui kegiatan belajar baik di dalam dan di luar kelas yang berupa kegiatan diskusi, memecahkan masalah, dan mengerjakan tugas secara berkelompok sehingga dapat mengembangkan interaksi antara satu siswa dengan siswa yang lainnya didalam mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kultur sekolah, profesionalisme guru IPS, pengembangan soft skill siswa
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 06 Jun 2016 08:37
Last Modified: 06 Jun 2016 08:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33957

Actions (login required)

View Item View Item