PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA SECARA TERINTEGRASI TERHADAP SIKAP ILMIAH, PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN RETENSI PENGETAHUAN KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2007/2008

Eko Puji , , Lestari (2010) PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA SECARA TERINTEGRASI TERHADAP SIKAP ILMIAH, PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN RETENSI PENGETAHUAN KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2007/2008. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGARUH_PELAKSANAAN_PRAKTIKUM_KIMIA_SECARA.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik SMA N 1 Bantul tahun ajaran 2007/2008 kelas X yang bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pelaksanaan praktikum kimia secara terintegrasi terhadap peningkatan sikap ilmiah peserta didik, (2) pengaruh pelaksanaan praktikum kimia secara terintegrasi terhadap peningkatan prestasi belajar kimia peserta didik apabila kemampuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik, dan (3) pengaruh pelaksanaan praktikum kimia secara terintegrasi terhadap retensi pengetahuan kimia peserta didik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMA N 1 Bantul tahun ajaran 2007/2008 kelas X dengan jumlah peserta didik 215 orang. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X4 dan XS dengan jumlah 59 orang. Sebagai kelas kontrol adalah peserta didik kelas XI dan X3 dengan jumlah 62 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster purposive random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah petunjuk praktikum kimia, angket sikap ilmiah, dan soal prestasi belajar kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh signifikan pelaksanaan praktikum kimia secara terintegrasi terhadap peningkatan sikap ilmiah peserta didik dengan harga to ~ sebesar -0,479 (p = 0,639), (2) tidak ada pengaruh signifikan pelaksanaan praktikum kimia secara terintegrasi terhadap peningkatan prestasi belajar kimia peserta didik apabila kemampuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik dengan harga Fo sebesar 0,052 (p = 0,816) dan sumbangan efektif kemampuan awal terhadap prestasi belajar kimia sebesar 23,1%, dan (3) tidak ada pengaruh signifikan pelaksanaan praktikum kimia secara terintegrasi terhadap retensi pengetahuan kimia peserCa didik dengan harga to sebesar -1,501 (p = 0,132).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 08 Aug 2012 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3395

Actions (login required)

View Item View Item