LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SMP N 3Wonosari

Aulia Haning S., Aulia Haning S. (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SMP N 3Wonosari. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
cover,pengesahan,abstrak.docx

Download (87kB)
[img] Text
laporan PPL isi VII.docx

Download (46kB)

Abstract

Kegiatan PPL UNY 2015 adalah suatu langkah yang dapat memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktis dalam dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan. Kegiatan PPL yang bertempat di SMP Negeri3 Wonosari ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyumbangkan tenaga dan pikirannya dengan tujuan memberikan sedikit hasil praktik pengalaman lapangan di UNY demi kemajuan pendidikan SMP Negeri3 Wonosari. Mahasiswa belajar mengenal sekolah dengan segenap persoalannya dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pendidikan yang telah dipelajari dan mengembangkannya dimasyarakat. Program-program yang dikembangkan dalam pelaksanaan PPL senantiasa terfokus pada komunitas sekolah yang mencakup aktivitas internal sekolah (guru dan siswa), untuk itu sebagai langkah awal dilakukan observasi sebelum penerjunan ke sekolah, yang berupa observasi fisik dan non fisik serta pembelajaran di kelas sehingga dapat merencanakan dan menyusun program PPL. Program PPL mencakup beberapa kegiatan, antara lain: menyusun perangkat pembelajaran, persiapan mengajar, observasi kelas, praktik kegiatan belajar mengajar, membuat media, evaluasi pembelajaran, juga mengajar terbimbing di kelas. Sebelum mahasiswa diterjunkan ke sekolah, mahasiswa terlebih dahulu mendapatkan pembekalan dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Kegiatan PPL ini telah memberikan begitu banyak manfaat,pengalaman, pengetahuan, dan wawasan baru seputar dunia sekolah dan permasalahan yang terdapat di dalamnya. Mahasiswa juga semakin mengenal lingkungan sekolah dan berbagai macam proses kegiatan yang terjadi. Sekolah juga merupakan tempat melatih kemampuan kita untuk dapat menjalin hubungan yang baik, berinteraksi dengan pihak-pihak yang terkait dalam rangka proses belajar mengajar di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Jun 2016 06:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33946

Actions (login required)

View Item View Item