LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI: SMA NEGERI 3 PURWOREJO

Irene Priesta Pasca Priawara, Irene Priesta Pasca Priawara (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI: SMA NEGERI 3 PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL_Irene Priesta Pasca P_12208244019_SMA N.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

PPL UNY di SMA Negeri 3 Purworejo merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh PPL UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik, Salah satunya adalah dengan pelaksanaan program PPL UNY di SMA Negeri 3 Purworejo tahun 2015 ini. SMA Negeri 3 Purworejo terletak di Jalan Yogyakarta KM 8 Purworejo. Selama pelaksanaan PPL ini mahasiswa juga diharapkan dapat terlatih kemampuannya dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa, dan guru serta ikut dalam perbaikanperbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah yang bersangkutan. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan pra-PPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaran mikro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 3 Purworejo. Setelah melalui kegiatan observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan. Program PPL yang direncanakan oleh mahasiswa antara lain; (1) Pembuatan Perangkat Pembelajaran (Kalender Pendidikan, Rincian Minggu Efektif, Silabus, RPP); (2) Pembuatan Media Pembelajaran (3) Praktik mengajar; dan (4) Evalusi Pembelajaran. Serangkaian program kerja PPL SMA Negeri 3 Purworejo telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan Guru Pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memiliki tantangan juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untuk belajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktek Pengalaman Lapangan, UNY.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Jun 2016 05:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33939

Actions (login required)

View Item View Item