LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI: SMA NEGERI 3 PURWOREJO

Cahyaning Mentari, Cahyaning Mentari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI: SMA NEGERI 3 PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL_Cahyaning Mentari_12208244037_SMA NEGER.pdf

Download (44MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program kegiatan untuk mahasiswa jurusan kependidikan sebagai pelengkap kompetensi calon pendidik. Melalui PPL mahasiswa memperoleh pengalaman yang berkaitan dengan proses mengajar maupun administrasi sekolah, selain itu dengan PPL para mahasiswa dapat melatih kesiapan dan mental dalam menghadapi suasana kelas maupun diluar kelas, karena dapat terjun langsung dalam proses di sekolah. Praktek Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMA Negeri 3 Purworejo mulai Senin, 10 Agustus 2015 hingga Sabtu, 12 September 2015. Berkaitan dengan kebijakan pemerintah Jawa Tengah, khususnya di Purworejo, kegiatan belajar mengajar menjadi 5 hari kerja, maka kegiatan PPL yang semula selesai pada 12 September 2015 dimajukan menjadi tanggal 11 September 2015. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan pra-PPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan observasi sekolah sehingga memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 3 Purworejo. Kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain: observasi keadaan sekolah dan peserta didik, berkonsultasi dengan guru pembimbing mata pelajaran, pembuatan perangkat pembelajaran, praktik mengajar kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, XI MIA 4, XI IIS 1, XI IIS 2, DAN XI IIS 3, evaluasi kegiatan pembelajaran, serta pembuatan laporan. Serangkaian program kerja PPL SMA Negeri 3 Purworejo telah terlaksana dengan baik, meski terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan Guru Pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memiliki tantangan juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untuk belajar. Secara umum hambatan tersebut dapat diatasi sehingga tidak mengganggu kelancaran kegiatan PPL. Kelancaran pelaksanaan PPL ini tidak lepas dari kerjasama dari seluruh civitas Sekolah dan mahasiswa PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, UNY.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Jun 2016 05:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33936

Actions (login required)

View Item View Item