LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 3 PURWOREJO

Basith Yahya, Basith Yahya (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 3 PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL_Basith Yahya_12207241047_SMA NEGERI 3 P.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program kegiatan PPL di SMA N 3 Purworejo, merupakan salah satu ajang bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkan dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Program PPL di SMA N 3 Purworejo, dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Dalam kegiatan PPL, praktikan merencanakan kegiatan pembelajaran dengan membuat Silabus dan RPP, melaksanakan praktik mengajar, melaksanakan evaluasi hasil pembelajaran, serta membuat laporan PPL. Dalam pelaksanakan praktik mengajar, praktikan diberi tanggungjawab untuk melakukan praktik mengajar di kelas X dan XI IIS. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing, dosen pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran antara lain program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, pembuatan media pembelajan, penugasan dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 11 September 2015. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi seni kerajinan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, mengajar, seni kerajiana
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33933

Actions (login required)

View Item View Item