LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK N 2 WONOSARI

Yohanes Aji Pamungkas, Yohanes Aji Pamungkas (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK N 2 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.KATA PENGANTAR.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB III.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, dengan program studi kependidikan. Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan pedagogik yang profesional. Tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan PPL UNY 2015 adalah SMK Negeri 2 Wonosari, yang beralamat di Jln. K.H. Agus Salim No.17, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban. Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran, konsultasi guru pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus, modul, buku kerja guru dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PPL, penulis diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan memberikan materi kompetensi kejuruan “Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI”. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 14 September 2015 sampai dengan 10 Oktober 2015, dengan menerapkan Kurikulum 2013 dan jumlah total 15 jam tiap minggu. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dalam belajar bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan kelas. Penulis menghimbau SMK N 2 Wonosari untuk menambah sarana dan memperbaiki prasarana yang ada guna menunjang kegiatan proses belajar mengajar. Selain itu, penulis juga menyarankan pada guru pembimbing untuk meningkatkan pendampingan bimbingannya terhadap mahasiswa PPL sehingga setelah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa benar-benar siap menjadi tenaga pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SMK Negeri 2 Wonosari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33928

Actions (login required)

View Item View Item