PENGARUH PENGGUNAAN MODUL INVENTOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA

Rahmat , Riyadi (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL INVENTOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (dokumen)
MODUL_AUTODESK_INVENTOR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan modul inventor dengan kelas kontrol. Selain itu juga untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggambar inventor siswa kelas II pada Program Studi Keahlian Teknik Mesin di SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas II MC Program Studi Teknik Mesin Di SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta yang berjumlah 1 kelas yang dibagi menjadi 2 kelompok dengan jumlah siswa 29 orang. Kelas pertama yaitu eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan modul Inventor yang berjumlah 15 siswa, dan kelas kedua yaitu kontrol yang berjumlah 14 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest untuk memperoleh data kemampuan awal siswa. Selanjutnya siswa diberi posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji beda, yaitu independent sample t-test. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah data hasil belajar yang diperoleh dari nilai posttest. Berdasarkan uji statistik dengan independent sample t-test yang telah dilakukan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar menggambar Inventor kelas II MC Program Studi Teknik Mesin Di SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta dengan menggunakan modul Inventor sebagai kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol dengan thitung > ttabel (29,121 > 1,703) pada taraf signifikan 5 %. Perbedaan hasil praktik menggambar Inventor dapat dilihat dari selisih rerata nilai praktik Inventor antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu (_X^-) = 81,19 > (_X^-) = 75,26. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggambar Inventor antara siswa kelas eksperimen yang menggunakan modul Inventor dengan siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan modul Inventor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3392

Actions (login required)

View Item View Item