LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GUNUNGKIDUL

Novan Arif Kardianto, Novan Arif Kardianto (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
pdf novan.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan pada semester khusus tahun akademik 2014/2015 dilaksanakan di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul dari 10 Agustus hingga 11 September 2015. PPL UNY merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah formal melalui peran mahasiswa yang terjun langsung untuk mengabdi kepada masyarakat, dengan memberdayakan warga belajar maupun pihak lain seperti wali murid dan mengikuti kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan non mengajar di lapangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dan warga belajar. Dengan adanya PPL, diharapkan bermanfaat bagi masyarakat/warga belajar, mampu mengembangkan kreativitas dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam merencakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan serta memetik hikmah dalam setiap kegiatan. Penyusunan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi dan identifikasi masalah di UPTD SKB Gunungkidul. Observasi dan identifikasi masalahdilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi dan mengamati kondisi lapangan aktivitas kegiatan di SKB Gunungkidul khususnya di bagian PAUD (Pendidikam Anak Usia dini) Handayani dan PAUD Pratama, program kesetaraan kejar paket C di UPTD SKB Gunungkidul dan di Dusun Trowono, Kecematan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul. Berdasarkan hasil observasi dan identfikasi masalah yang diperolehmaka dirumuskanlah program kerja yaitu pembelajaran paket C di SKB, Pembelajaran PAUD (Pendidikam Anak Usia dini) Handayani dan PAUD Pratama serta program individu utama yaitu Lifeskill Pembuatan Media Pembelajaran Success story Dalam pelaksanaan program pembelajaran PAUD, Pembelajaran Kesetaraan paket C, dan program pembuatan video motivasi berjalan dengan baik karena sesuai dengan perencanaan. Program pembuatan Media Pembelajaran Succes Story mendapatkan tanggapan positif dari pamong belajar dibuktikan dengan adanya permintaan pembuatan media pembelajaran tentang Kesetaraan Gender. Maka dengan semangat dan permintaan Pamong Belajar, penulis memenuhi permintaan tersebut, dan pelaksanaan dilakukan setelah Program PPL selesai. Dalam pelaksanaannya program PPL ada juga program tambahan yaitu Apel Pagi setiap hari Senin, Rabu, dan Jum’at, Pembelajaran Holtikultura ,pelesterarian permainan tradisional dengan memperingikati har kemerdekaan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SKB Gunungkidul, PPL UNY, Program, Individu, Media Succes story
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2016 07:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33908

Actions (login required)

View Item View Item