Petrus Ihnasius Sumondang Tampubolon, Petrus Ihnasius Sumondang Tampubolon (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1 a Cover.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
1 b Pengesahan.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
1 c Kata Pengantar.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
1 e abstak.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I Petrus.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II pETRUS.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III pETRUS.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. PPL mempunyai sasaran dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Dengan dilaksanakannya PPL, diharapkan mampu memberi pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya masingmasing, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan memecahkan masalah. Kegiatan PPL yang dilakukan penulis bertempat di UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul. Penyusunan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi wilayah instansi UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul. Observasi dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi dan melihat langsung aktivitas kegiatan di SKB Gunungkidul. Berdasarkan hasil observasi tersebut kemudian ditentukan program kerja yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di SKB Gunungkidul. Hasil observasi yang dilakukan meliputi kegiatan di SKB Gunungkidul antara lain: PAUD, Paket C, dan Keaksaraan Usaha Mandiri Tanaman Obat Keluarga di Dusun Trowono Kecamatan Paliyan. Hasil dari pelaksanaan PPL memberikan pengalaman kepada mahasiswa PPL dalam merencanakan program pembelajaran PAUD antara lain memberikan pengalaman dalam merencanakan kegiatan dan membelajarkan peserta PAUD. Paket C yakni memberikan pengalaman dalam hal mengajar di LAPAS dan lembaga pembelajaran nonformal. Keaksaraan Usaha Mandiri Tanaman Obat Keluarga memberikan pengalaman dalam merencanakan dan menghadapi masyarakat dalam melaksanakan program PLS.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mahasiswa, Program, PPL |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 07:19 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |