OPTIMALISASI KEGIATAN REKAPITULASI DAN ANALISIS DESKRIPTIF NILAI MURNI UJIAN SEMESTER JENJANG SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN PURWOREJO

Amburika, Nudia (2015) OPTIMALISASI KEGIATAN REKAPITULASI DAN ANALISIS DESKRIPTIF NILAI MURNI UJIAN SEMESTER JENJANG SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL 2015 Nudia Amburika 12101244011.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta merupakan kegiatan rutin Universitas. Program tersebut termasuk dalam mata kuliah wajib tempuh dan wajib lulus. Oleh karena itu, penyusunan laporan pelaksanaan program PPL ini ditujukan untuk memenuhi syarat penilaian PPL II. Kegiatan ini bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengasah ketrampilan mahasiswa, memberikan pengalaman belajar secara praktis, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi, tanggung jawab, dan kemandirian mahasiswa di lokasi PPL. Tujuan PPL yaitu mencetak calon tenaga kependidikan yang professional. Lokasi pelaksanaan kegiatan PPL adalah Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo yang terletak di Jl. Mayor Jenderal Sutoyo No.69, Kec. Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54113. Kegiatan PPL II ini berlangsung mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 17 September 2015. Adapun secara spesifik, program dilaksanakan di Seksi Kurikulum dan Pengembangan Siswa Pendidikan Dasar Kabupaten Purworejo. Program PPL meliputi program PPL utama, program PPL penunjang, dan program PPL tambahan. Program PPL utama adalah Optimalisasi Kegiatan Rekapitulasi dan Analisis Deskriptif Nilai Murni Ujian Semester Jenjang pendidikan Dasar di Kabupaten Purworejo. Program PPL penunjang adalah membantu tim PPL lain dalam program Rekapitulasi SPJ Keuangan Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo dan membantu dalam pelaksanaan lomba Karnaval Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo. Program PPL tambahan adalah merupakan program insidental yang berasal dari lokasi PPL yang meliputi 28 program. Pelaksanaan program melibatkan ketua pelaksana program, tim pelaksana, dan staf seksi Kurikulum dan Pengembangan Siswa Pendidikan Dasar. Adapun sarana yang digunakan meliputi komputer, software aplikasi (Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Access), internet, Data Sekolah dan Siswa Jenjang Sekolah Dasar, flashdisk, dan telepon. Hasil pelaksanaan program PPL adalah rekapitulasi nilai murni ujian semester I TA 2014/2015 SD se-Kabupaten Purworejo dan memberi peringkat kecamatan sesuai jumlah nilai yang diperoleh. Keberhasilan progam yang dilakukan mahasiswa dapat dikatakan mencapai 80% pada tingkat keberhasilannya namun pada keterlaksanaan progam sudah mencapai 100%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Slamet Lestari, M.Pd. (Dosen Pembimbing Lapangan)
Uncontrolled Keywords: PPL, Dinas Dikbudpora Kab. Purworejo, Seksi Kurikulum dan Pengembangan Siswa, Rekapitulasi Nilai.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Jun 2016 03:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33886

Actions (login required)

View Item View Item