Hakim, Ahmad Lutfie (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK SISWA KELAS X TP SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
AHMAD LUTHFIE HAKIM 11503244026.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran teknologi mekanik siswa kelas X TP SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching, (2) Meningkatkan prestasi hasil belajar siswa pada pelajaran teknologi mekanik siswa kelas X TP SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dengan data berupa data kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TP 2 dengan jumlah siswa 27. Data keaktifan siswa dikumpulkan dengan observasi dan data prestasi hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan hasil ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I persentase Keaktifan dalam proses pembelajaran 75%, termasuk dalam kategori baik, pada siklus II diperoleh persentase keaktifan rata-rata 86%. (2) Adanya peningkatan prestasi hasil belajar siswa yaitu pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 63% dan pada siklus II sebesar 82%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelajaran Teknologi Mekanik, pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching. |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 02:20 |
Last Modified: | 04 Mar 2019 08:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |