PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR KERJA DAN PEMAHAMAN TEORI PENGUKURAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUBUT SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN SMK MA’ARIF SALAM TAHUN AJARAN 2015/2016

Adityo, Adityo (2016) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR KERJA DAN PEMAHAMAN TEORI PENGUKURAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUBUT SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN SMK MA’ARIF SALAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Adityo_11503241034.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR KERJA DAN PEMAHAMAN TEORI PENGUKURAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUBUT SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN SMK MA’ARIF SALAM TAHUN AJARAN 2015/2016 Oleh : Adityo NIM 11503241034 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh Kemampuan Membaca Kerja terhadap Kemampuan Membubut; (2) pengaruh Pemahaman Teori Pengukuran terhadap Kemampuan Membubut; dan (3) pengaruh Kemampuan Membaca Gambar Kerja dan Pemahaman Teori Pengukuran terhadap Kemampuan Membubut Kelas XI Teknik Mesin SMK Ma’arif Salam. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi penelitian adalah semua Siswa Kelas XI Teknik Mesin SMK Ma’arif Salam sebanyak 101 orang. Ukuran Sampel penelitian yaitu keseluruhan populasi dimana satu kelas digunakan untuk menguji coba instrumen. Data dikumpulkan dengan tes dan dokumentasi hasil belajar siswa. Analisis dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Kemampuan Membaca Gambar Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemampuan Membubut yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi = 0,855 dan nilai koefisien signifikansi = 0,001. Koefisien determinasi = 0,783 yang artinya sebesar 78,3% variabel ini mempengaruhi Hasil Belajar Praktik Membubut. (2) Pemahaman Teori Pengukuran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemampuan Membubut yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi = 0,835 dan nilai koefisien signifikansi = 0,001. Koefisien determinasi = 0,697 yang artinya sebesar 69,7% variabel ini mempengaruhi Hasil Belajar Praktik Membubut. (3) Kemampuan Membaca Gambar Kerja dan Pemahaman Teori Pengukuran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemampuan Membubut yang ditunjukkan nilai koefisien korelasi = 0,931 dan nilai koefisien signifikansi = 0,001. Koefisien determinasi = 0,867 yang artinya 86,7% variabel Kinerja Mengajar dan Minat secara bersama – sama mempengaruhi Hasil Belajar Praktik Membubut. Kata kunci : Gambar Kerja, Teori pengukuran, Kemampuan Membubut

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Jun 2016 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 09:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33874

Actions (login required)

View Item View Item