Pengaruh Kegiatan Praktik Unit Produksi Sekolah, Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Dukungan Keluarga terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK di Kabupaten Hulu Sugai Utara, Kalimantan Selatan

Firdaus, Zamzam Zawawi (2012) Pengaruh Kegiatan Praktik Unit Produksi Sekolah, Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Dukungan Keluarga terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK di Kabupaten Hulu Sugai Utara, Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zamzam-zawawi-firdaus-10702259024.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kesiapan kerja siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan pengaruh kegiatan praktik unit produksi sekolah, pengalaman praktik kerja industri dan dukungan keluarga secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey pada 240 siswa SMK kelas XII di kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun Ajaran 2011/2012, sampel sejumlah 148 siswa yang ditentukan menggunakan Tabel Krejeie Morgan. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data untuk variabel kesiapan kerja, kegiatan praktik unit produksi sekolah, pengalaman prakerin dan, dukungan keluarga, menggunakan kuesioner dengan Skala Likert dengan empat alternatif jawaban. Semua instrument angket divalidasi ahli dan diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya sebelum digunakan untuk mengambil data penelitian. Data setiap variabel dianalisis dengan statistik deskriptif untuk mengetahui tendensi sentral dan variabilitasnya. Uji hipotesis dianalisis dengan statistik regresi sederhana dan regresi ganda. Interprestasi hasil analisis data menggunakan taraf signifikan p = 0,05. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat kesiapan kerja siswa SMK di Kabupaten HSU adalah sebagai berikut: sebesar 61,49% siswa memiliki tingkat kesiapan kerja pada kategori sangat tinggi dan sebesar 37,84% siswa memiliki tingkat kesiapan kerja pada kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan praktik unit produksi sekolah, pengalaman praktik kerja industri dan dukungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa SMK (R2=0,501). Hal ini menjelaskan bahwa kegiatan praktik unit produksi sekolah, pengalaman prakerin dan dukungan keluarga secara bersama-sama mampu menjelaskan varian kesiapan kerja siswa SMK sebesar 50,1%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: unit produksi sekolah, pengalaman praktik kerja industri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2016 09:53
Last Modified: 29 Jan 2019 08:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33860

Actions (login required)

View Item View Item