ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS’ PERSONALITY IN STUDENTS’LEARNING MOTIVATION TO UNDERSTAND CONCEPT OF SCIENCE

Lily Barlia, M.Pd. ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS’ PERSONALITY IN STUDENTS’LEARNING MOTIVATION TO UNDERSTAND CONCEPT OF SCIENCE. Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010.

[img]
Preview
Text
03Lily_Barlia.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepribadian Guru Sekolah Dasar dan Motivasi Belajar Siswa untuk Memahami Konsep Sains. Penelitian ini ditujukan untuk menggali informasi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak usia sekolah dasar untuk pemahaman konsep sains. Subjek penelitian adalah 26 anak SD kelas VI di SD RSBI Banten dan guru yang membelajarkannya. Metode pengumpulan data dengan angket tentang strategi motivasi belajar anak (MSLQ=Motivated Strategies for Learning Questionaires), observasi kelas, dan wawancara terstruktur. Analisis data dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, dan cross-case analysis untuk setiap anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap anak mempunyai faktor motivasi yang berbeda dalam belajar sains. Kepribadian guru yang unik, seperti kedekatan serta berusaha untuk memahami dan menghargai potensi anak didik dapat meningkatkan motivasi anak belajar sains. Dapat disimpulkan bahwa di dalam proses pembelajaran sains untuk perubahan konseptual, seorang guru sekolah dasar harus memahami pentingnya faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi anak untuk belajar, termasuk kepribadian yang dapat diterima, sehingga mereka dapat mengikuti proses pembelajaran dengan lebih bermakna. Katakunci: motivasi, pembelajaran konseptual, perubahan konseptual, pembelajaran sains, kepribadian guru

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:08
Last Modified: 02 Oct 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3386

Actions (login required)

View Item View Item