Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa SMK Kompetensi Keahlian Penyuluhan Pertanian di Kalimantan Selatan

Yuli, Yuli (2012) Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa SMK Kompetensi Keahlian Penyuluhan Pertanian di Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuli-10702259031.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan praktik kerja industri (prakerin) siswa SMK kompetensi keahlian penyuluhan pertanian di Kalimantan Selatan, yang meliputi: (1) kesesuaian program pelaksanaan prakerin sekolah dengan kebutuhan siswa, sekolah, dan dunia kerja; (2) kesiapan siswa, sekolah, dan dunia kerja menghadapi prakerin; (3) proses pelaksanaan prakerin yang dilakukan di dunia kerja; dan (4) hasil dan kemanfaatan program pelaksanaan prakerin. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Subjek penelitian meliputi: seluruh siswa kompetensi keahlian penyuluhan pertanian di Kalimantan Selatan, guru pembimbing (pembimbing internal), dan pembimbing prakerin dari dunia kerja (pembimbing eksternal). Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kuantitatif diolah secara deskriptif dengan bantuan Program SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) Pelaksanaan program prakerin di SMK kompetensi keahlian penyuluhan pertanian di Kalimantan Selatan sangat sesuai dengan kebutuhan siswa (rerata 3,43), sekolah (rerata 3,55), dan dunia kerja (rerata 3,55). Pada konteks ini pengetahuan siswa tentang dunia kerja masih kurang. (2) Persiapan pelaksanaan prakerin termasuk baik menurut siswa (rerata 3,22), menurut pembimbing internal sangat baik (rerata 3,33), dan baik (rerata 3,26) menurut pembimbing eksternal. Kekurangan pada input adalah tingginya biaya prakerin dan media penyuluhan masih sederhana, dan ada materi yang belum disampaikan di sekolah. (3) Kinerja siswa, pembimbing internal, dan pembimbing eksternal dalam proses pelaksanaan prakerin termasuk sangat baik (rerata 3,40) menurut siswa, sangat baik (rerata 3,52) menurut pembimbing internal, dan menurut pembimbing eksternal termasuk sangat baik (rerata 3,41). Kinerja pembimbing internal belum maksimal. (4) manfaat prakerin bagi siswa termasuk sangat baik (rerata 3,53), manfaat prakerin bagi sekolah termasuk sangat baik (rerata 3,41) dan manfaat prakerin bagi dunia kerja termasuk sangat baik (rerata 3,33). Hasil nilai akhir prakerin siswa menyatakan semua siswa prakerin lulus. Hasil evaluasi pelaksanaan program prakerin di SMK kompetensi keahlian penyuluhan pertanian di Kalsel secara keseluruhan dilihat dari aspek Context, Input, Process, dan Product termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: praktik kerja industri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2016 08:48
Last Modified: 29 Jan 2019 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33859

Actions (login required)

View Item View Item