Pengelolaan Kemitraan SMK Bertaraf Internasional (BI) dan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) di Daerah Istimewa Yogyakarta

Efendi, Yosep (2012) Pengelolaan Kemitraan SMK Bertaraf Internasional (BI) dan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yosep-efendi-10702251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola kemitraan SMK BI dan DU/DI di DIY dan sejauh mana pengelolaan kemitraan SMK BI dan DU/DI di DIY tersebut dapat dilaksanakan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengelolaan kemitraan dikaji dengan menggunakan pendekatan analisis sistem, yaitu dilihat dari aspek masukan, proses, dan hasil/dampak. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bertaraf Internasional di DIY, yaitu di SMK Negeri 2 Yogyakarta dan DU/DI mitra SMK tersebut. Responden penelitian terdiri dari 1 staf Hubungan Industri, 80 guru dan 336 siswa SMK tersebut, serta 23 responden dari DU/DI mitra SMK. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan angket. Seluruh instrumen divalidasi oleh ahli. Sebelum digunakan, instrumen angket untuk guru dan siswa diujicobakan di SMK N 2 Wonosari. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pola kemitraan SMK BI (SMK N 2 Yogyakarta) dan DU/DI mencakup prakerin siswa, sinkronisasi kurikulum, bahan ajar, pelatihan (OJT) guru, dan guru tamu dari pihak DU/DI. Kemitraan pada program prakerin siswa, sinkronisasi kurikulum dan bahan ajar mirip dengan model kemitraan the ‘Zero Period of Adaptation’ model. Mengenai penempatan siswa prakerin di DU/DI, hanya siswa yang memiliki peringkat 10 besar yang bisa prakerin di DU/DI besar, sedangkan siswa yang tidak memiliki peringkat melaksanakan prakerin di DU/DI skala kecil dan menengah. Pelatihan (OJT) guru hanya dilaksanakan di DU/DI skala besar. Kemitraan pada program pelatihan guru tersebut mirip dengan model kemitraan partners in teacher training and development. Pihak DU/DI dilibatkan pada pembelajaran di sekolah, yaitu sebagai guru tamu. Kemitraan tersebut mirip dengan model kemitraan partners in the classroom. (2) Pada pengelolaan perencanaan kemitraan SMK BI dan DU/DI, guru responden memperoleh skor rata-rata kelompok yaitu 51,625, (kategori sangat baik). Sedangkan dari pihak DU/DI, memperoleh rata-rata persentase ketercapaian kelompok yaitu 33,91% (kategori lemah). (3) Pada pengelolaan proses, siswa responden memperoleh skor rata-rata kelompok yaitu 40,405 (kategori baik). Sedangkan pihak DU/DI memperoleh nilai rata-rata kelompok yaitu 12,043 (kategori kurang baik). (4) Pada pengelolaan hasil/dampak, siswa responden memperoleh skor rata-rata kelompok yaitu 13,136 (kategori sangat baik). Sedangkan pihak DU/DI mendapat skor rata-rata kelompok yaitu 28 (kategori kurang baik). Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemitraan SMK dan DU/DI telah dikelola dengan baik oleh SMK. Namun, pihak DU/DI kurang berperan aktif pada perencanaan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemitraan, SMK BI, dunia usaha/dunia industri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2016 08:16
Last Modified: 21 Sep 2022 04:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33858

Actions (login required)

View Item View Item