Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Praktik Kerja Lapangan di SMK Negeri Kabupaten Barito Kuala

Susanto, Susanto (2012) Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Praktik Kerja Lapangan di SMK Negeri Kabupaten Barito Kuala. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-susanto-10702259021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) kesesuaian pelaksanaan program praktik kerja lapangan; 2) kesiapan siswa; 3) kesiapan guru pembimbing; 4) kesiapan pelaksanaan program; 5) manfaat pelaksanaan program praktik kerja lapangan terhadap siswa dan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian ex-postfacto dilakukan di dua sekolah menengah kejuruan diKabupaten Barito Kuala. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN kelas XII yang telah selesai melaksanakan praktik kerja lapangan. Sampel penelitian dari kedua SMKN tersebut berjumlah 140 siswa yang diambil secara cluster rondom sampling. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa dari kesesuaian pelaksanaan program praktik lapangan masih kurang dilihat dari penenpatan siswa praktik banyak yang belum tepat dengan kompetensi jurusan yang siswa miliki karena masih kurangnya tempat untuk praktik. Dilihat dari skewness pada faktor kesiapan siswa, nilainya sudah diatas rerata dan bisa dikatakan baik, untuk faktor kesiapan guru pembimbing, dilihat dari skewness nilainya sudah diatas rerata dan juga dikatakan baik dan untuk faktor kesiapan pelaksanaan program dilihat dari skewness nilainya masih dibawah rerata, maka masih perlu perbaikan atau pembenahan dalam pelaksanaan program praktik kerja lapangan, manfaat yang dapat diambil oleh siswa setelah melaksanakan praktik kerja lapangan seperti suatu nilai tambah dalam segi pengalaman bekerja pada suatu unit usaha dan industri dan menambah wawasan serta dapat membawa perubahan terhadap sikap mental siswa tentang dunia kerja. Dan untuk manfaat sekolah adalah sebagai nilai tambah yang dapat diperoleh sekolah dengan adanya program praktik kerja lapangan yaitu, member kepuasan bagi penyelenggara, karena tamatannya lebih terjamin memperoleh bekal keahlian yang bermakna, baik untuk kepentingan tamatan yang bersangkutan, maupun untuk kepentingan dunia kerja.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: praktik kerja lapangan, sekolah menengah kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2016 07:30
Last Modified: 26 Sep 2022 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33855

Actions (login required)

View Item View Item