Pengaruh Komitmen, Motivasi Kerja dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru SMK di Kota Banjarmasin

Sumarso, Sumarso (2012) Pengaruh Komitmen, Motivasi Kerja dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru SMK di Kota Banjarmasin. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sumarso-10702259017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) komitmen guru terhadap profesionalisme guru, (2) motivasi kerja terhadap profesionalisme guru, (3) pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru, dan (4) komitmen guru, motivasi kerja dan pengalaman mengajar secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK negeri se-Kota Banjarmasin dengan jumlah populasi sebanyak 145 guru SMK yang mengajar mata pelajaran praktek dan sampel yang diambil sebanyak 107 guru dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah 1) uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, dan uji multikolinieritas), 2) analisis korelasi, dan 3) analisis regresi ganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang signifikan komitmen guru terhadap profesionalisme guru SMK di Banjarmasin dengan besarnya sumbangan 30,9%. (2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru SMK di Banjarmasin dengan besarnya sumbangan 3,8%. (3) Ada pengaruh yang signifikan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru SMK di Banjarmasin dengan besarnya sumbangan 4%. (4) Ada pengaruh yang signifikan komitmen guru, motivasi kerja dan pengalaman mengajar secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru SMK di Banjarmasin dengan besarnya sumbangan 52,6%. Interpretasi hasil analisis menggunakan taraf signifikansi p = 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komitmen guru, motivasi kerja, pengalaman mengajar, profesionalisme guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2016 06:47
Last Modified: 26 Sep 2022 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33854

Actions (login required)

View Item View Item