Pengaruh Tanggung Jawab, Kemandirian, dan Kisah Sukses terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK Negeri di Kalimantan Selatan

Nuryati, Siti (2012) Pengaruh Tanggung Jawab, Kemandirian, dan Kisah Sukses terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK Negeri di Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-nuryati-10702259022.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) pengaruh tanggung jawab terhadap motivasi berwirausaha siswa; 2) pengaruh kemandirian terhadap motivasi berwirausaha siswa; 3) pengaruh kisah sukses wirausaha terhadap motivasi berwirausaha siswa; dan 4) apakah motivasi berwirausaha siswayang sudah prakerin lebih tinggi dibanding dengan motivasi berwirausahasiswa yang belum prakerin. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post factoyang dilaksanakan di jurusan jasa boga SMK N di Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subjek penelitian terdiri dari 89 siswa belum prakerin dan 63 siswa sudah prakerin.Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengaruh tanggung jawab terhadap motivasi berwirausaha siswa yang belum prakerin sebesar 0,464; 2) pengaruh tanggung jawab terhadap motivasi berwirausaha siswa yang sudah prakerin sebesar 0,493; 3) pengaruh kemandirian terhadap motivasi berwirausaha siswa yang belum prakerin sebesar 0,324; 4) pengaruh kemandirian terhadap motivasi berwirausaha siswa yang sudah prakerin sebesar 0,346; 5) pengaruh kisah sukses wirausaha terhadap motivasi berwirausaha siswa yang belum prakerin sebesar 0,302; 6) pengaruh kisah sukses wirausaha terhadap motivasi berwirausaha siswa yang sudah prakerin sebesar 0,388; dan 7) motivasi berwirausaha siswayang sudahprakerin lebih tinggi dibanding dengan motivasi berwirausaha siswa yang belum prakerin (mean Y2= 77,67>76,01= mean Y1).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab, kemandirian, kisah sukses wirausaha dan motivasi berwirausaha
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2016 06:33
Last Modified: 29 Jan 2019 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33853

Actions (login required)

View Item View Item