Strategi Pembelajaran Berbantuan Multimedia Pada Mata Pelajaran Pengelolaan Induk Ikan di SMKN 1 Pulau Laut Barat

Rusanti, Rusanti (2012) Strategi Pembelajaran Berbantuan Multimedia Pada Mata Pelajaran Pengelolaan Induk Ikan di SMKN 1 Pulau Laut Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rusanti-10702259032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi seberapa besar perbedaan: 1) motivasi belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan multimedia dan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan modul; 2) hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan multimedia dan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan modul pada mata pelajaran pengelolaan induk ikan; dan 3) peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan multimedia dengan siswa yang diajar berbantuan modul. Penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment design dengan rancangan Nonequevalent control-group pretest-posttest design, yang dilaksanakan di SMKN 1 Pulau Laut Barat, Kalimantan Selatan. Subjek penelitian terdiri atas 20 siswa, dibagi secara acak: 10 siswa kelompok eksperimen yang dikenai perlakuan diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan multimedia; dan 10 siswa kelompok kontrol yang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan modul. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar siswa dan angket motivasi belajar siswa. Untuk mengidentifikasi adanya perbedaan hasil belajar, motivasi belajar siswa, dan besarnya peningkatan (gain) antara kelompok eksperimen yang dikenai perlakuan diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan multimedia dan kelompok kontrol yang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan modul, data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik Kolmogorov-Smirnov pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan multimedia meningkat 70% pada kategori tinggi, sedangkan motivasi belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan modul meningkat 20 % pada kategori tinggi; 2) hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan multimedia meningkat 60% pada kategori sangat baik, sedangkan motivasi belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan modul meningkat 10% pada kategori sangat baik; dan 3) peningkatan hasil belajar (gain) siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan multimedia lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan modul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, berbantuan multimedia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2016 03:13
Last Modified: 26 Sep 2022 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33847

Actions (login required)

View Item View Item