Peningkatan Kemampuan Aplikasi Komputer pada Mata Diklat KKPI Siswa SMK N 1 Pajangan Bantul Menggunakan Metode Pembelajaran E-learning

Pranoto, Ponco Wali (2012) Peningkatan Kemampuan Aplikasi Komputer pada Mata Diklat KKPI Siswa SMK N 1 Pajangan Bantul Menggunakan Metode Pembelajaran E-learning. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ponco-wali-pranoto-09702251013.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aplikasi komputer melalui metode pembelajaran e-learning di SMKN 1 Pajangan Bantul. Peningkatan difokuskan pada aspek penerapan kemampuan dalam mengatur layout dasar, membuat garis, objek, variasi dan modifikasi objek. Penelitian ini merupakan classroom action research (penelitian tindakan kelas) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian rekayasa perangkat lunak berjumlah 72 siswa. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru mata diklat KKPI yang telah mengajar mata diklat dan ketua program keahlian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan catatan dari e-learning. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara teknik yang dikembangkan Miles dan Huberman. Analisis kuantitatif dilakukan menggunakan nonparametrik yaitu metode uji runtest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran mata diklat KKPI dengan penerapan metode e-learning dapat meningkatkan kemampuan aplikasi komputer. Tindakan pembelajaran dilakukan dengan mengklasifikasi nilai-nilai yang disesuaikan dengan materi yang disesuaikan dengan materi mata diklat KKPI. Dengan menerapkan proses belajar mandiri dari tutorial interaktif dan dokumen softcopy, tanya jawab melalui internet, tugas dan kuis. Peningkatan kemampuan aplikasi komputer siswa setelah menggunakan e-learning setiap siklusnya adalah siklus I = 72 %, siklus II = 85%. Berdasarkan analisis uji nonparametrik dengan runtest menghasilkan nilai signifikansi 16 dan nilai p = 0,0537 yaitu jauh dari nilai probabilitas 0,01 maka dikatakan tidak signifikan. Siswa belum mampu memberikan hasil maksimal dalam penelitian. Siswa kurang dapat memahami arti penting pembelajaran e-learning. Namun dalam situasi pembelajaran e-learning yang sebenarnya siswa nampak semangat dan ingin mencari sumber bahan bacaan terbaru, suasana aktivitas belajar lebih bervariasi, serta menarik. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan siswa pada kesungguhan dan tanggung jawab dalam mengerjakan serta menyelesaikan tugas dari guru. Pengetahuan tersebut berjalan seiring dengan pemahaman dan persepsi materi yang disampaikan guru dapat dipahami secara mendalam tentang arti penting mata diklat dalam dunia kerja.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan aplikasi komputer, metode pembelajaran e-learning, mata diklat KKPI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2016 02:41
Last Modified: 29 Jan 2019 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33845

Actions (login required)

View Item View Item