Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Prinsip Contiguity

Hidayat, Nur (2012) Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Prinsip Contiguity. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-hidayat-09702251011.swf

Download (31MB)

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut: 1) Menghasilkan produk pembelajaran E-Learning menggunakan prinsip Contiguity (kedekatan). 2) Mengetahui kualitas kelayakan produk pembelajaran E-Learning menggunakan prinsip Contiguity (kedekatan). 3) Mengetahui signifikansi perbedaan prestasi belajar dalam pembelajaran model E-Learning antara peserta didik yang menggunakan prinsip Contiguity dengan peserta didik yang tidak menggunakan prinsip Contiguity. 4) Mengetahui signifikansi perbedaan motivasi belajar dalam pembelajaran model E-Learning antara peserta didik yang menggunakan prinsip Contiguity dengan peserta didik yang tidak menggunakan prinsip Contiguity. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang pelaksanaan uji cobanya menggunakan kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Data yang dikumpulkan mengenai kualitas produk pengembangan, prestasi belajar, dan motivasi belajar peserta didik. Data mengenai kualitas produk pengembangan diperoleh melalui angket validasi yang diisi oleh ahli media, ahli materi, guru, dan peserta didik. Selain itu, data prestasi belajar diperoleh dari dokumentasi nilai kegiatan pembelajaran, sedangkan data motivasi belajar diperoleh dari angket yang diisi peserta didik. Data prestasi dan motivasi belajar merupakan data PreTest dan PostTest peserta didik. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji T. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: 1) Produk pengembangan yang dihasilkan adalah media pembelajaran E-Learning dengan menggunakan Prinsip Contiguity. Produk tersebut merupakan Learning Management System yang dibuat dengan software Moodle. Pelaksanaan uji produk pengembangan sebagai media pembelajaran menggunakan jaringan lokal (intranet). 2) Hasil Tes Alfa dan Tes Beta menunjukkan bahwa produk pengembangan mempunyai kualitas baik sehingga layak untuk uji coba. 3) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan dalam pembelajaran model E-Learning antara peserta didik yang menggunakan prinsip Contiguity dengan peserta didik yang tidak menggunakan prinsip Contiguity. 4) Tidak terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan dalam pembelajaran model E-Learning antara peserta didik yang menggunakan prinsip Contiguity dengan peserta didik yang tidak menggunakan prinsip Contiguity.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-learning, contiguity, AutoCAD, prestasi, motivasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2016 02:11
Last Modified: 29 Jan 2019 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33842

Actions (login required)

View Item View Item