Efektifitas Internal Pelatihan Penggunaan Web Pembelajaran (e-learning) di SMK Negeri 3 Klaten

Santosa, Mochamad Amri (2012) Efektifitas Internal Pelatihan Penggunaan Web Pembelajaran (e-learning) di SMK Negeri 3 Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mochamad-amri-santosa-10702251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana perencanaan pelatihan penggunaan web pembelajaran (e-learning) di SMK Negeri 3 Klaten; (2) respons peserta terhadap pelatihan penggunaan web pembelajaran (e-learning) di SMK Negeri 3 Klaten; (3) efektifitas internal pelatihan berdasarkan hasil belajar peserta pelatihan penggunaan web pembelajaran (e-learning) di SMK Negeri 3 Klaten; dan (4) faktor-faktor pendukung dan penghambat keberhasilan pelaksanaan program pelatihan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data diperoleh menggunakan angket dan studi dokumen, sedangkan untuk memperkuat dan mengungkap hal yang belum tercantum pada angket dan dokumen digunakan wawancara dan observasi. Responden pada penelitian berjumlah 45 orang, yang terdiri dari peserta pelatihan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kordinator pelatihan, dan instruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pelatihan kurang efektif, karena alokasi waktu yang telah direncanakan belum mencukupi bagi peserta untuk menguasai beberapa kompetensi. Respons peserta pelatihan adalah sangat baik dengan skor 3,401 pada skala 1-4. Skor tertinggi diperoleh dari indikator ‘respons terhadap instruktur’ yaitu 3,671, sedangkan skor terendah diperoleh dari indikator ‘kesesuaian materi pelatihan dengan latar belakang peserta’ yaitu 3,229. Efektifitas internal pelatihan berdasarkan hasil belajar termasuk dalam kategori efektif, dengan rata-rata hasil belajar peserta adalah 82,01. Nilai tertinggi terdapat pada indikator ‘peserta dapat mengedit profil dan setting course’ dengan dengan nilai 9,03 dari nilai maksimal 10 (90,30%). Nilai terendah terdapat pada butir indikator ‘peserta dapat mengelola nilai siswa’ dengan nilai 3,34 dari nilai maksimal 5 (66,74%). Faktor pendukung pelaksanaan pelatihan antara lain kemampuan instruktur dalam membimbing peserta melakukan praktek dan membantu memahami materi pelatihan. Faktor penghambat pelaksanaan pelatihan antara lain ketidaksesuaian antara materi pelatihan dengan pendidikan peserta, akses internet yang tidak stabil, dan tidak adanya air conditioner di ruang pelatihan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pelatihan, e-learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2016 08:33
Last Modified: 23 Sep 2022 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33840

Actions (login required)

View Item View Item