EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SISTEMIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II SMA N 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2015/2016

Fitriyana, Nur (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SISTEMIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II SMA N 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2015/201 6 sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik, dan hubungan antara kemampuan berpikir analitis dengan prestasi belajar kimia peserta didik tersebut sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pengasih yang terbagi menjadi lima kelas. Sampel yang digunakan berjumlah dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji T dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terdapat perbedaan kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2015/201 6 sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik, (b) kemampuan berpikir analitis berhubungan dengan peningkatan prestasi belajar kimia peserta didik tersebut sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik dengan nilai korelasi sebesar 0,484.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:13
Last Modified: 30 Jan 2019 09:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33828

Actions (login required)

View Item View Item