Laporan Individu Kegiatan Praktik Prngalaman Lapangan Semester Khusus Tahun 2015/2016 Lokasi Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul

Rista Sara Prasetyowati, Rista Sara Prasetyowati (2015) Laporan Individu Kegiatan Praktik Prngalaman Lapangan Semester Khusus Tahun 2015/2016 Lokasi Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RISTA SARA PRASETYAWATI 12101244029.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan merupakan progam rutin dari Universitas Negeri Yogyakarta. Program tersebut termasuk dalam mata kuliah wajib tempuh. Oleh karena itu, penyusunan laporan pelaksanaan program PPL dipenuhi untuk memenuhi syarat penilaian PPL II. Kegiatan ini bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan keterampilan kependidikan, memberikan pengalaman belajar secara praktis, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi, tanggung jawab, dan kemandirian mahasiswa di lokasi PPL. Lokasi pelaksanaan kegiatan PPL adalah di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul yang dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Kegiatan dimulai dengan penyusunan program kerja yang sebelumnya telah dilakukan observasi dan dilaksanakan di PPL II ini. Secara spesifik, program dilaksanakan di bidang Pendidikan Lanjutan Pertama (PLP). Program PPL meliputi program PPL utama, program PPL penunjang, dan program PPL tambahan. Program PPL utama adalah Optimalisasi Pendataan Siswa Penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi Sekolah Menengah Pertama (SMP) se- Kabupaten Gunungkidul Tahun 2015/2016 . Pelaksanaan program meliputi rangkaian kegiatan. Program PPL penunjang adalah membantu tim PPL lain dalam program Optimalisasi Rekapitulasi Nilai Hasil Ujian Nasional Per Mata Pelajaran Tahun 2014/2015 Sekolah SMP dan Mts Se-Kabupaten Gunungkidul Dinas Pendidikan Dan Olahraga Gunungkidul. Pelaksanaan program melibatkan ketua pelaksana program, tim pelaksana, dan pegawai bidang Dikmentas. Adapun sarana yang digunakan meliputi komputer, software aplikasi (Microsoft Word & Microsoft Excel), internet, data pokok sekolah, flashdisk,dan telepon. Hasil pelaksanaan program PPL adalah tabel berisi data untuk memberikan informasi terkait praktik pelaksanaan rekapitulasi calon penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP). Keberhasilan progam yang dilakukan mahasiswa dapat dikatakan mencapai 96% pada tingkat keberhasilannya namun pada keterlaksanaan progam sudah mencapai 100%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi; pendataan; dan KIP
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33823

Actions (login required)

View Item View Item